Bab 5 : Sifat 20
الوجود
بمعني ظهر
وعند الشح الاشعري الوجود عين الذات
Wujud adalah tampak, atau adanya dzat itu sendiri
Dzat itu bukan sifat
Tetapi jika dzat itu ditempati sifat lain seperti الوجد (dalam lafad) maka dzat itu bener-bener ada
Wujud salah satu dari sifat nafsiyah. Sifat nafsiyah itu sendiri adalah sifat yang tidak menunjukkan arti lain kecuali dzat itu sendiri. عين الذات itu bukan suatu tambahan dari dzat itu sendiri
Wujud Allah tidak di batasi zaman/waktu
Wujud Artinya Ada
Iaitu tetap dan benar yang wajib bagi zat Allah Ta'ala yang tiada disebabkan dengan sesuatu sebab. Maka wujud ( Ada ) – disisi Imam Fakhru Razi dan Imam Abu Mansur Al-Maturidi bukan ia a'in maujud dan bukan lain daripada a'in maujud , maka atas qaul ini adalah wujud itu Haliyyah ( yang menepati antara ada dengan tiada) .
Tetapi pada pendapat Imam Abu Hassan Al-Ashaari wujud itu 'ain Al-maujud , kerana wujud itu zat maujud kerana tidak disebutkan wujud melainkan kepada zat. Kepercayaan bahawa wujudnya Allah s.w.t. bukan sahaja di sisi agama Islam tetapi semua kepercayaan di dalam dunia ini mengaku menyatakan Tuhan itu ada.
Firman Allah s.w.t. yang bermaksud :
" Dan jika kamu tanya orang-orang kafir itu siapa yang menjadikan langit dan bumi nescaya berkata mereka itu Allah yang menjadikan……………"
( Surah Luqman : Ayat 25 )
القدم
قدم adalah sifat سلبيه yaitu sifat yang tidak ada مد لول nya ( tidak ada ma`na yang wujud ) atau خرج nya
سلب العدم السابق على الوجود
عدم الآولية للوجود
عدم الإفتتاح الوجود
استمرار الوجود فى الماضى الى غير نهاية القدم
الوجود المستمر فى الماضي
صفة موجودة قائمة بذاته
سلبي
Tiga sifat itu adalah satu arti dalam القدم
وخرج
بناء قديم وجودهما طول مدة ( lamanya benda itu ada )
عرجون
Karena kedua hal itu adalah di dahului “baru” dan “baru” itu didahului tidak ada العدم
Contoh lain :
انك لفي ضلا لك القديم
Pekataan هو بل وعز قديم itu tidak boleh
Yang diperbolehkan adalah يجب له تعالي القديم
Karena اسماءه atau اسماء الحسنى itu tidak ada القديم
الشيخ الحليمى العراقى berkata في شرح اصول السابى menganggap القديم masuk dalam اسماءه
Namun tidak ada dalam kitab secara jelas (نص )
Tapi dalam hadits itu ada dan dalam hadits itu menghitung القديم pada اسماء الحسنى seperti
ان لله تسعة وتسعين اسماء من احصا ها دخل الجنة
Banyak sifat-sifat Allah yang tidak masuk dalamاسماء الحسنى seperti المنا ن, الحنا ن …
Gambaran :
Qidam Artinya Sedia
Pada hakikatnya menafikan ada permulaan wujud Allah s.w.t kerana Allah s.w.t. menjadikan tiap-tiap suatu yang ada, yang demikian tidak dapat tidak keadaannya lebih dahulu daripada tiap-tiap sesuatu itu. Jika sekiranya Allah Ta'ala tidak lebih dahulu daripada tiap-tiap sesuatu, maka hukumnya adalah mustahil dan batil. Maka apabila disebut Allah s.w.t. bersifat Qidam maka jadilah ia qadim. Di dalam Ilmu Tauhid ada satu perkataan yang sama maknanya dengan Qadim iaitu Azali. Setengah ulama menyatakan bahawa kedua-dua perkataan ini sama maknanya iaitu sesuatu yang tiada permulaan baginya. Maka qadim itu khas dan azali itu am. Dan bagi tiap-tiap qadim itu azali tetapi tidak boleh sebaliknya, iaitu tiap-tiap azali tidak boleh disebut qadim. Adalah qadim dengan nisbah kepada nama terbahagi kepada empat bahagian :
1 ) Qadim Sifati ( Tiada permulaan sifat Allah Ta'ala )
2 ) Qadim Zati ( Tiada permulaan zat Allah Ta'ala )
3 ) Qadim Idhafi ( Terdahulu sesuatu atas sesuatu seperti terdahulu bapa nisbah kepada anak )
4 ) Qadim Zamani ( Lalu masa atas sesuatu sekurang-kurangnya satu tahun )
Maka Qadim Haqiqi ( Qadim Sifati dan Qadim Zati ) tidak harus dikatakan lain daripada Allah Ta'ala.
البقاء
سلب العدم الاجق الوجود
عدم الاجرية
استمرار الوجود في المستقبل الى غير نهاية
الوجود المستمر فى المستقبل البقاء
صفة موجودة قائمة بذاته
وجودى
Menurut قيل (A dan B ) sifat nafsiyyah dengan (A) sebagai sebab dan (B) ada kesimpulan yang menyatakan bahwa (A) adalah pengertian صفة نفسية
سلبية :sifat yang meniadakan hal-hal yang tidak patut bagi Allah :
• قدم
• بقاء
• مخالفة للحواد ث
• قيامه بنفسه
• واحدانية
Contoh : Allah tidak makan >< مخالفة للحواد ث
Allah tidak mati >< بقاء
Gambaran :
Baqa' Artinya Kekal
Senantiasa ada, kekal ada dan tiada akhirnya Allah s.w.t . Pada hakikatnya ialah menafikan ada kesudahan bagi wujud Allah Ta'ala. Adapun yang lain daripada Allah Ta'ala , ada yang kekal dan tidak binasa Selama-lamanya tetapi bukan dinamakan kekal yang hakiki ( yang sebenar ) Bahkan kekal yang aradhi ( yang mendatang jua seperti Arasy, Luh Mahfuz, Qalam, Kursi, Roh, Syurga, Neraka, jisim atau jasad para Nabi dan Rasul ).
Perkara –perkara tersebut kekal secara mendatang tatkala ia bertakluq dengan Sifat dan Qudrat dan Iradat Allah Ta'ala pada mengekalkannya. Segala jisim semuanya binasa melainkan 'ajbu Az-zanabi ( tulang kecil seperti biji sawi letaknya di tungking manusia, itulah benih anak Adam ketika bangkit daripada kubur kelak ). Jasad semua nabi-nabi dan jasad orang-orang syahid berjihad Fi Sabilillah yang mana ianya adalah kekal aradhi jua. Disini nyatalah perkara yang diiktibarkan permulaan dan kesudahan itu terbahagi kepada tiga bahagian :
a. Tiada permulaan dan tiada kesudahan iaitu zat dan sifat Alllah s.w.t.
b. Ada permulaan tetapi tiada kesudahan iaitu seperti Arash , Luh Mahfuz , syurga dan lain-lain lagi.
c. Ada permulaan dan ada kesudahan iaitu segala makhluk yang lain daripada perkara yang diatas tadi ( Kedua ).
مخالفة للحوادث
الموجود بعد عدم
حادث ج. حوادث
الجواهر والاعراض
( baru ) الحدوث
( menerima ruang kosong ) التحيز
( bisa berubah-ubah ) التغيير
لوازم الجرم
( berputar-putar ) الدور Benda
( bercabang-cabang ) التسلسل
Mukhalafatuhu Ta'ala Lilhawadits Artinya : Berbedanya Allah Ta'ala dengan segala yang baru.
Pada zat , sifat atau perbuatannya sama ada yang baru , yang telah
ada atau yang belum ada. Pada hakikat nya adalah menafikan Allah Ta'ala menyerupai dengan yang baharu pada zatnya , sifatnya atau perbuatannya.
Sesungguhnya zat Allah Ta'ala bukannya berjirim dan bukan aradh Dan tiada sesekali zatnya berdarah , berdaging , bertulang dan juga bukan jenis leburan , tumbuh-tumbuhan , tiada berpihak ,tiada bertempat dan tiada dalam masa. Dan sesungguhnya sifat Allah Ta'ala itu tiada bersamaan dengan sifat yang baharu kerana sifat Allah Ta'ala itu qadim lagi azali dan melengkapi ta'aluqnya. Sifat Sama' ( Maha Mendengar ) bagi Allah Ta'ala berta'aluq ia pada segala maujudat tetapi bagi mendengar pada makhluk hanya pada suara sahaja. Sesungguhnya di dalam Al-Quraan dan Al-Hadith yang menyebut muka dan tangan Allah s.w.t. , maka perkataan itu hendaklah kita iktiqadkan thabit ( tetap ) secara yang layak dengan Allah Ta'ala Yang Maha Suci daripada berjisim dan Maha Suci Allah Ta'ala bersifat dengan segala sifat yang baharu.
قيامه تعالى بنفسه
Filsafat hindu semua : alam ini adalah bagian dari tuhan
Qiyamuhu Ta'ala Binafsihi Artinya Berdiri Allah Ta'ala dengan sendirinya
Tidak berkehendak kepada tempat berdiri ( pada zat ) dan tidak
berkehendak kepada yang menjadikannya Maka hakikatnya ibarat daripada menafikan Allah s.w.t. berkehendak kepada tempat berdiri dan kepada yang menjadikannya.
Allah s.w.t itu terkaya dan tidak berhajat kepada sesuatu sama ada
pada perbuatannya atau hukumannya. Allah s.w.t menjadikan tiap-tiap sesuatu dan mengadakan undang-undang semuanya untuk faedah dan maslahah yang kembali kepada sekalian makhluk . Allah s.w.t menjadikan sesuatu ( segala makhluk ) adalah kerana kelebihan dan belas kasihannya bukan berhajat kepada faedah. Allah s.w.t. Maha Terkaya daripada mengambil apa-apa manafaat
di atas kataatan hamba-hambanya dan tidak sesekali menjadi
mudharat kepada Allah Ta'ala atas sebab kemaksiatan dan kemung-
karan hamba-hambanya. Apa yang diperintahkan atau ditegah pada hamba-hambanya adalah perkara yang kembali faedah dan manafaatnya kepada hamba-hamba-nya jua.
Firman Allah s.w.t. yang bermaksud :
" Barangsiapa berbuat amal yang soleh ( baik ) maka pahalanya
itu pada dirinya jua dan barangsiapa berbuat jahat maka bala-
sannya ( seksaannya ) itu tertanggung ke atas dirinya jua ".
( Surah Fussilat : Ayat 46 ) Syeikh Suhaimi r.a.h berkata adalah segala yang maujudat itu dengan nisbah berkehendak kepada tempat dan kepada yang menjadikannya ,
terbahagi kepada empat bahagian :
1) Terkaya daripada tempat berdiri dan daripada yang menjadi-
kannya iaitu zat Allah s.w.t.
2) Berkehendak kepada tempat berdiri dan kepada yang men-
jadikannya iaitu segala aradh ( segala sifat yang baharu ).
3) Terkaya daripada zat tempat berdiri tetapi berkehendak
kepada yang menjadikannya iaitu segala jirim. ( Segala zat yang baharu ) .
4) Terkaya daripada yang menjadikannya dan berdiri ia pada zat
iaitu sifat Allah Ta'ala.
نفى الكثرة فى ذاته = الكم المتصل
وحدانية نفى النظير =الكم المنفصل
انفراده تعلى بالايجاد والتدبير العام
الكم المنفصل :ilmu sama-sama punya tapi terpisah
ليس له تعلى صفتان متعلقان فى الاسم و المعنى
Allah itu satu ( tidak tersusun) قدرة الله
Juga satu) علم Allah itu sendiri) علم الله
الكم المتصل :ilmu kita yang bersambung
Contoh :Nahwu dapat ilmu sedikit, Arab sedikit
الكم المنفصل perbuatan kita sama dengan perbuatan manusia yang lain
Pendapat معتزلة : lepas dari ikut campur Allah, jadi Allah sekarang sedang duduk-duduk melihat kita
Pandapat جبرية :semua adalah takdir Allah jadi tidak usah bekerja
Pendapat قدرية :berlawanan denganجبرية
لو شاءالله لجعلكم امة واحدة
Berbeda-beda umat karena agar berlomba-lomba untuk فاستبقوا الخيرات
Keimanan kita pada hukum
- Wajib
- Mustahil
- Jaiz _kita beramal didunia ini dimasukan surga
Neraka
Antara masuk surga dan neraka
versi syariat : tergantung amalnya
vesi tauhid : itu masuk pada jaiz
versi adat / alam : tergantung
Ketiga hal tersebut sangat berkaitan beriman, makan, menuntut ilmu, saling membutuhkan
Al – Wahdaniyyah Artinya Esanya Allah Ta'ala pada zat , pada sifat dan pada perbuatan.
Maka hakikatnya ibarat daripada menafikan berbilang pada zat , pada
sifat dan pada perbuatan sama ada bilangan yang muttasil ( yang ber-
hubung ) atau bilangan yang munfasil ( yang bercerai ).
Makna Esa Allah s.w.t. pada zat itu iaitu menafikan Kam Muttasil pada
Zat ( menafikan bilangan yang berhubung dengan zat ) seperti tiada zat
Allah Ta'ala tersusun daripada darah , daging , tulang ,urat dan lain-lain.
Dan menafikan Kam Munfasil pada zat ( menafikan bilangan yang ber-
cerai pada zat Allah Ta'ala )seperti tiada zat yang lain menyamai zat
Allah Ta'ala.
Makna Esa Allah s.w.t pada sifat iaitu menafikan Kam muttasil pada
Sifat ( menafikan bilangan yang berhubung pada sifatnya ) iaitu tidak
sekali-kali bagi Allah Ta'ala pada satu-satu jenis sifatnya dua qudrat
dan menafikan Kam Munfasil pada sifat ( menafikan bilangan –
bilangan yang bercerai pada sifat ) iaitu tidak ada sifat yang lain
menyamai sebagaimana sifat Allah s.w.t. yang Maha Sempurna.
Makna Esa Allah s.w.t. pada perbuatan iaitu menafikan Kam
Muttasil pada perbuatan ( menafikan bilangan yang bercerai –cerai pada
perbuatan ) iaitu tidak ada perbuatan yang lain menyamai seperti
perbuatan Allah bahkan segala apa yang berlaku di dalam alam semua-
nya perbuatan Allah s.w.t sama ada perbuatan itu baik rupanya dan
hakikatnya seperti iman dan taat atau jahat rupanya tiada pada hakikat-nya seperti kufur dan maksiat sama ada perbuatan dirinya atau
perbuatan yang lainnya ,semuanya perbuatan Allah s.w.t dan tidak
sekali-kali hamba mempunyai perbuatan pada hakikatnya hanya pada
usaha dan ikhtiar yang tiada memberi bekas.
Maka wajiblah bagi Allah Ta'ala bersifat Wahdaniyyah dan ternafi bagi
Kam yang lima itu iaitu :
1. Kam Muttasil pada zat.
2. Kam Munfasil pada zat.
3. Kam Muttasil pada sifat.
4. Kam Munfasil pada sifat.
5. Kam Munfasil pada perbuatan.
Maka tiada zat yang lain , sifat yang lain dan perbuatan yang lain
menyamai dengan zat , sifat dan perbuatan Allah s.w.t .
Dan tertolak segala kepercayaan-kepercayaan yang membawa kepada
menyengutukan Allah Ta'ala dan perkara-perkara yang menjejaskan
serta merosakkan iman.
قدرة وارادة
Sebenarnya tidak layak kita membatasi Allah dengan sifat-sifat begini dan begitu, kaena Allah itu maha Segala-galanya .
قدرة : berperan mewujudkan segala sesuatu yang mungkin
a. Mungkin : diadakan di alam ini / Ditiadakan di alam ini
b. Jaizat : yang behubnungan dengan jaiz
قدرة Tidak berhubungan dengan segala sesuatu yang محال/ واجبا ت karena keterbatasan otak manusia inilah ynag menuntut sesuatu yang wujud.
Allah tidak butuh apapun
tidak butuh siapapun dalam hal قدرةالله
tidak butuh dzat
Agama harus diimani tanpa dasar
Harus diimani karena bukti
Agama intinya satu yaitu iman (percaya)
Salah satu dosen IKH tidak percaya kalau Muhammad itu Ummi karena pada zaman nabi sastra itu sudah sangat maju.
Itu hanya karena sesuatu didasarkan pada hal-hal yang sifatnya kenyataan.
Agama
a. Rasional (bisa di logika)
b. Irasional (tidak bisa di logika). ini harus di terima dengan keimanan.
قدرة الله bersi dari kolerasi (hubungan) dengan usaha manusia
معدوم :حادث تعلق تنجيزى sudah ada dan akan berubah pada saat hal itu terjadi.
تعلق صلوحي قديم : kemungkaran pada zaman azali (belum terjadi)
Sifat nafsu manusia itu tidak akan pernah terima (selalu kurang) Meskipun apa yang dicapai (yang dicita-citakan)
لايكلف الله نفسا إلاوسعها
Semua permasalahan yang di putusi dengan akal niscaya keribetan yang didapatkan
Sesuatu yang kita alami dan rasakan saat inilah yang seharusnya kita jadikan jembatan untuk menggapai cita-cita
Enak itu artinya menerima apa adanya semua pemberian Allah SWT
الايمان شاءن القدرة
الاعدام
هل الله قادرنيتنذ شاريكا او زوجة؟
Pertanyaan tersebut tidak patut dijawab karena mustahil.
القدرة لا تتعلق بالمستحيل
قول مصنف
نفسية : الحال الواجبة للذات غير معللة بعلة
Keadaan selama dzat itu masih ada tanpa ada penyebabnya.
Kalau ada penyebabnya disebut معنوي :
Atau definisi lain :Sifat yang tidak menunjukkan pada yang lain kecuali dzat itu sendiri
Contoh : تحيز
Bagaimana keadaan benda ( جزم )?Butuh ruang kosong.
Kenapa? Ya…dari sananya,tidak ada sebabnya.sudah ada pada awal wujudnya (gawan lahir)
Berbeda dengan sifat معنوى
Contoh : kamu pintar( عالم ) tapi disebut عالم – حال-itu karena kamu punya / ada علم
الحال ليس بوجود ولامعدومة
Tidak bisa dikatakan ada dan tidak bisa dikatakan tidak ada
Contoh : مريد,قدير,عالم ,تحيز
الصفة المعانى : صفة موجودة قائمة بوجود
Contoh : قدرة ,hitam , علم
Sifat wujud itu tidak ada yang ada adalah عين الذات(dzat itu sendiri )
عين الذات ( عند ابن الحسن الآشعرى )
وجود
زيد على الذات ( عند الرازى )
Sekilas dua definisi di atas dan seakan beda tapi ternyata sama karena sama-sam mengarah pada dzat.
Contoh : papan tuilis itu ada atau tidak ? ada, pokoknya papan itu ada baik ikut pendapat 1 atau 2 .
سلبيه sifat yang tidak ada مدلول nya :dalam kenyataannya خارج tapi مدلول nya ada sifat yang غير موجودة
Contoh : حدوث wujudnya didahului tidak ada
Hitam bukan sifat سلبية karena ada مدلول (bisa dilhat kenyataannya)
سلبيه Bisa disandarkan pada Allah adalah sifat yang meniadakan hal-hal yang tidak patut bagi Allah.
Contoh : قدم ,بقاء ,مخالفة ,قيمه بنفسه ,وجدانية
Semua sifat yang maujud disebut sifat معاتى
المعاتى : صفة موجودة ازالية قائمة بذاته تعلى
حال تفسية \ صفة نفسية
صفة غير موجود
حال معنوية \ صفة معنوية
صفة واجبة فى ذات مادامت معللة بعلة
كونه عالما : sifat عالما itu bisa disebut karena punya ilmu dan علم itu غير الموجود
قدرة : صفة موجودة ازالية فى ذاته تعلى قائمة متعلقة بالممكنات
المعانى
ارادة : صفة موجودة ازالية فى ذاته تعلى قائمة متعلقة بالممكنات
(wujud ) / tampak وجود
( tidak ada ) عدم
( waktu ) ازمنة
الممكنات متقابلات
( tempat / ruang ) امكنة
( arah ) جهات
مقادير
- Peranan ارادة adalah menentukan
- Peranan قدرة adalah cabang lanjutan dari ارادة
- ارادة itu berhubungan dengan perintah ( امر)
- Menurutnya banyak kehendak Allah yang tidak terlaksana
الاشياء باعتبار الامر و الإرادة ما امره الله واراده كايمان ابى بكر
ما امره الله ولا يريده كايمان ابى جهل
مالايأمرولايربد ككفرابى بكر
مالايأمرولكن اراده ككفر ابى جهل
Gambaran
7. Al – Qudrah :artinya : Kuasa qudrah Allah s.w.t. memberi bekas pada mengadakan meniadakan tiap-tiap sesuatu.
Pada hakikatnya ialah satu sifat yang qadim lagi azali yang thabit
( tetap ) berdiri pada zat Allah s.w.t. yang mengadakan tiap-tiap yang
ada dan meniadakan tiap-tiap yang tiada bersetuju dengan iradah.
Adalah bagi manusia itu usaha dan ikhtiar tidak boleh memberi bekas pada mengadakan atau meniadakan , hanya usaha dan ikhtiar pada jalan menjayakan sesuatu . Kepercayaan dan iktiqad manusia di dalam perkara ini berbagai-bagai
Fikiran dan fahaman seterusnya membawa berbagai-bagai kepercayaan dan iktiqad.
a) Iktiqad Qadariah :
Perkataan qadariah iaitu nisbah kepada qudrat . Maksudnya orang yang beriktiqad akan segala perbuatan yang dilakukan manusia itu sama ada baik atau jahat semuanya terbit atau berpunca daripada usaha dan ikhtiar manusia itu sendiri dan sedikitpun tiada bersangkut-paut dengan kuasa Allah s.w.t.
b) Iktiqad Jabariah :
Perkataan Jabariah itu nisbah kepada Jabar ( Tergagah ) dan maksudnya orang yang beriktiqad manusia dan makhluk bergantung kepada qadak dan qadar Allah semata-mata ( tiada usaha dan ikhtiar atau boleh memilih samasekali ).
c) Iktiqad Ahli Sunnah Wal – Jamaah :
Perkataan Ahli Sunnah Wal Jamaahialah orang yang mengikut perjalanan Nabi dan perjalanan orang-orang Islam iaitu beriktiqad bahawa hamba itu tidak digagahi semata-mata dan tidak memberi bekas segala perbuatan yang disengajanya, tetapi ada perbuatan yang di sengaja pada zahir itu yang dikatakan usaha dan ikhtiar yang tiada memberi bekas sebenarnya sengaja hamba itu daripada Allah Ta;ala jua. Maka pada segala makhluk ada usaha dan ikhtiar pada zahir dan tergagah pada batin dan ikhtiar serta usaha hamba adalah tempat pergantungan taklif ( hukum ) ke atasnya dengan suruhan dan tegahan ( ada pahala dan dosa ).
8. Al – Iradah : artinya : Menghendaki Allah Ta'ala.
Maksudnya menentukan segala mumkin tentang adanya atau
tiadanya.
Sebenarnya adalah sifat yang qadim lagi azali thabit berdiri pada
Zat Allah Ta'ala yang menentukan segala perkara yang harus atau setengah yang harus atas mumkin . Maka Allah Ta'ala yang selayaknya menghendaki tiap-tiap sesuatu apa yang diperbuatnya. Umat Islam beriktiqad akan segala hal yang telah berlaku dan yang akan berlaku adalah dengan mendapat ketentuan daripada Allah Ta'ala tentang rezeki , umur , baik , jahat , kaya , miskin dan sebagainya serta wajib pula beriktiqad manusia ada mempunyai nasib ( bahagian ) di dalam dunia ini sebagaimana firman Allah s.w.t. yang bermaksud : " Janganlah kamu lupakan nasib ( bahagian ) kamu di dalam dunia " .
( Surah Al – Qasash : Ayat 77 )
Kesimpulannya ialah umat Islam mestilah bersungguh-sungguh
untuk kemajuan di dunia dan akhirat di mana menjunjung titah
perintah Allah Ta'aladan menjauhi akan segala larangan dan
tegahannyadan bermohon dan berserah kepada Allah s.w.t.
العلم
العلم الصفة ازلية موجودة قائمة بذاته تعلى تتعلق يالواجبات، والمستحيلات، والجائزات
تعلق انكشاف
كلية
جزئية
اجمالا
علم الله
تقصيلا
ازلا
ابدا
Allah tahu dan tidak bisa dilawan :
- واجيات
- مستحيلات dengan cara terbuka ( langsung tahu )
- جائزات
- كاليات :
- menurut aturan umum Al-mu`tazilah berpendapat ilmu Allah itu bersifat كالية bukan جزئية
علم علم
الارادة اهل سنة الامر معتزلاة
القدرة القدرة
Gambaran
9. Al – Ilmu :artinya : Mengetahui.
Maksudnya nyata dan terang meliputi tiap-tiap sesuatu sama ada yang
Maujud (ada) atau yang Ma'adum ( tiada ). Hakikatnya ialah satu sifat yang tetap ada ( thabit ) qadim lagi azali berdiri pada zat Allah Ta'ala.
Allah Ta'ala Maha Mengetahui akan segala sesuatu sama ada perkara
Itu tersembunyi atau rahsia dan juga yang terang dan nyata.
Maka Ilmu Allah Ta'ala Maha Luas meliputi tiap-tiap sesuatu di
Alam yang fana' ini.
تأمل × انكشاف
كسيى × انكشاف
ضرورى
بد يهي
Ilmu kita itu didahului oleh نظرى
علم الناس/ مخلوق
جهل ( bodoh, tidak tahu استدلال
ظنٌ
شك
وهم
الهام
الحياة
الحياة : صفة تصحح لمن قامت به ان يتصف بالإدراك
Sifat yang memungkinkan orang yang ditempati sifat tersebut ادراك
حياة الله : صفة ازالية موجودة قائمة بذاته
Sifat جياة tidak terkait dengan sesuatu tidak seperti قدرة
قدرة صفة ازالية موجودة قائمة بذاته بالممكنات بالسجاد والاعدام
صفة معلقة : sifat yang menuntut suatu tambahan ( lanjutan )
قدرة صفة معلقة
ارادة
علم
Semua sifat معانى
سمع
بصر
الكلام
- Yang berkuasa itu dzat Allah bukan sifat Allah
- Berbeda dengan makhluk yang berkuasa itu sifatnya bukan dzat nya
Contoh : علم seseorang itu yang berkuasa bukan dzat nya
- Barang siapa yang mengklaim yang berkuasa itu sifat Allah maka orang itu dihukumi kufur
- Tapi bagi Allah semuanya adalah نفسى
السمع و البصر
السمع : صفة ازالية موجودة بذاته تعلى تتعلق بالموجودة تعلق انكشاف
البصر: صفة ازالية موجودة بذاته تعلى تتعلق بالموجودة تعلق انكشاف
- انكشاف denganسمع danيصر itu lebih jelas dari pada انكشاف بالعلم
- Yang terlihat denganسمع بصر itu khusus karena hanya berhubungan dangan
واجبات موجودات
الجائزاةالموجودة
- Sedangkan علم itu keterkaitannya lebih umum karena mencakup semua واجبات مستحيلات
جائزات
الكلام
الكلام : صفة ازالية موجودة قائمة بذات تتعلق بالواجبات و المستحيلات و الجائزات
- Kalam itu menunjukan قل هو الله احد = واجبات
لم يلدولم يولد = مستحيلات
لقد خلقنالإنسان = جائزات
- Kalam Allah dan semua sifatnya itu satu
- Kalam Allah tidak mengenal تاخير,تقديم ,تبعيض ,سكوت
كلام الله بلا حرف كلامالله لا يقبل العدم
بلا صوت سكوت
بلا اية تبعيض
بلا سورة تقديم
بلا تقديم تاخير
بلا تاخير
كلام الله صفة ازالية موجودة بذاته تعلى تعلق بالمعلومات
واجبات، مستحيلاتو، جائزات، تعلق دلالة قديم
النظم المعجز\ الالناظ الشريفة حقيقة لغوية
اللفظ المنزل حاد ث
- Al-qur`an itu disebutكلام الله karena mempunyai kandungan atau dilalah yang sama dengan كلام الله yang بلاصوت
- قل هوالله احد dibahasa inggriskan
dibahasa indonesiakan bunyinya beda / bahasanya beda tapi
dibahasa jawakan mempunyai kandungan yang sama
- Fahamمعتزلة : kalam Allah itu berupa اصوات \ حروف
- Berbeda denganاهل سنة : kalam itu tidak seharusnya harus اصوات \ حروف buktinya kalam nafsi / hati
كلام نفسى
كلامنا ( انسان )
كلام لفظى
- Tapi meskipun manussia punya klam nafsi tapi tidak bisa disamakan dengan kalam Allah
- Dizaman modern kalam Allah bisa digambarkan dengan kaset CD maktabatussamilah itu untuk pemahaman
- Jika ditanya apakah Al-qur`an yang kita baca itu حادث ? ya, karena كلام الله ada 2 cabang yang kita baca ini ya حادث
- Dzat kita tidak butuhمحل yang butuh محل adalah sifat namun kita butuh مخصص
Gambaran :
13 . Al – Kalam : artinya : Berkata-kata Allah Ta'ala.
Hakikatnya ialah satu sifat yang tetap ada , yang qadim lagi azali ,
berdiri pada zat Allah Ta'ala. Menunjukkan apa yang diketahui oleh ilmu daripada yang wajib, maka ia menunjukkan atas yang wajib sebagaimana firman Allah Ta'ala yang bermaksud : " Aku Allah , tiada tuhan melainkan Aku .........". ( Surah Taha - Ayat 14 )
Dan daripada yang mustahil sebagaimana firman Allah Ta'ala yang
bermaksud : " ........( kata orang Nasrani ) bahawasanya Allah Ta'ala
yang ketiga daripada tiga..........". ( Surah Al-Mai'dah - Ayat 73 ) Dan daripada yang harus sebagaimana firman Allah Ta'ala yang
bermaksud : " Padahal Allah yang mencipta kamu dan benda-benda yang
kamu perbuat itu". ( Surah Ash. Shaffaat – Ayat 96 )
Kalam Allah Ta'ala itu satu sifat jua tiada berbilang.
Tetapi ia berbagai-bagai jika dipandang dari perkara yang dikatakan
iaitu :
a) Menunjuk kepada 'amar ( perintah ) seperti tuntutan mendiri-
solat dan lain-lain kefardhuan.
b) Menunjuk kepada nahyu ( tegahan ) seperti tegahan mencuri dan lain-lain larangan.
c) Menunjuk kepada khabar ( berita ) seperti kisah-kisah Firaun
dan lain-lain.
d) Menunjuk kepada wa'ad ( janji baik ) seperti orang yan taat
dan beramal soleh akan dapat balasan syurga dan lain-lain.
e) Menunjuk kepada wa'ud ( janji balasan seksa ) seperti orang
yang menderhaka kepada ibubapa akan dibalas dengan azab
seksa yang amat berat.
صفة معانى لايتعلق بشيئ = الحيات
يتعلق بالممكنات = القدرة
الارادة
يتعلق بالموجودة = السمع
البصر
يتعلق بجميع الاقسام = العلم
الكلام
المعانى : صفة ازالية موجودة قائمة بذاته
الحاية
القدرة بالممكنات
الارادة بالممكنات
السمع موجودات
البصر موجودات
العلم بالواجبات و المستحيلات و الجائزات
الكلام بالواجبات و المستحيلات و الجائزات
• Idrok ( ادراك ) bukan termasuk sifat ma`ani ,مصنف tidak memasukan sifat tersebut karena khilaf
ادراك : Menemukan, merasakan, mencium bau
ادراك Biasanya kita tahu (فى حقنا ) dengan cara bersambung (اتصل ). Mencium bangkai disambungkan oleh angin
• Ada yang mengatakan ادراك صفة masuk dalam sifatعلم atau زائدة على العلم ( bukan hanya sekedar tahu )
• Tapi Allah bisa ادراك tanpa اتصل itu kalau Allah punya sifat ادراك
• Kalau dijabarkan : Allah juga berhubungan dengan موجودات seperti halnya سمع danيصر
• Sifat Allah itu tidak terbatas, tapi yang kita tahu hanya 20 karena 20 itu punya dalil naqly dan aqly
6 sifat yang diketahui dengan dalil naqly السمع
البصر
الكلام
كونه سميعا
كونه بصيرا
كونه متكالما
- Selain 6 tersebut, sisanya adalah dalil aqly / Burhan
صفة معنوية
Kelanjutan dari معنوي
كونه قادرا
كونه مريدا
كونه عالم
Untuk dzat yang قديم tidak ada yang dahulu كونه حياٌ
كونه سميعا
كونه بصيرا
كونه متكالما
- Karena ada قادرا itu karena قدرة sehingga معنوى tersebut adalah kelanjutan dari معانى
- قدرة Itu dijadikan illat untuk قادرا dst.
Yang dimaksud illat yaitu تلازم saling terkait, bukan perwujudan seperti “ kita jadi pandai karena ilmu “ Allah tidak seperti itu yang قادرا, بصير, سميع , عالمadalah dzat Allah
“ pengertian “
Allah itu قادرا sehingga punya قدرة
Allah itu سميع sehingga punya سمع
Dll.
Yang dimaksud تلازم adalah المعانى ملزومة للمعنوية
والمعنوية لازمة للمعانى
Gambaran Global Sifat-sifat Allah SWT
1) نفسية
Sifat yang tidak menunjukan yang lain kecuali dzat itu sendiri
وجود
2) سلبية
Sifat yang tidak ada madlulnya Cuma butuh pengertian
- قدم
- بقاء
- مخالفة للحواد ث
- قيامه بنفسه
- واحدانية
3) معانى
موجودة قائمة بذاته تعلى صفة
- قدرة
- ارادة
- علم
- حاية
- سمع
- بصر
- كلام
4) معنوية
صفة :صفاة ثبوتية ليست بموجودة ولا معدومة
قولان
لاصفة : ابوالحسن الاشعرى
- كونه قادرا
- كونه مريدا
- كونه عالم
- كونه حياٌ
- كونه سميعا
- كونه بصيرا
- كونه متكالما
Pendapat yang mengatakan sifat definisi masing-masing :
كونه قادر : صفة ثابته قائمة بذاته لازمة للقدرة
كونه مريدا : صفة ثابته قائمة بذاته لازمة للارادة
كونه عالم : صفة ثابته قائمة بذاته لازمة للعلم
كونه حياٌ : صفة ثابته قائمة بذاته لازمة للحياة
كونه سميعا : صفة ثابته قائمة بذاته لازمة للسمع
كونه بصيرا : صفة ثابته قائمة بذاته لازمة للبصر
كونه متكالما : صفة ثابته قائمة بذاته لازمة للكلام
Pendapat yang mengatakan bukan sifat ( ابوالحسن الاشعرى ) karena :
لاواسطة بين الوجود والعدم
عبارة عن قيام القدرة بالذات : كونه قادرا
عبارة عن قيام الارادة بالذات : كونه مريدا
عبارة عن قيام العلم بالذات : كونه عالما
عبارة عن قيام الحياة بالذات : كونه حياٌ
عبارة عن قيام السمع بالذات : كونه سميعا
عبارة عن قيام البصربالذات : كونه بصيرا
عبارة عن قيام الكلام بالذات : كونه متكالما
Pelopor yang mengurutkan sifat wajib (20) adalah Imam Sanusi
صفات تستحيل فى صفة تعالى
المنافات تنافى نقيضينى : نقيض >< نقيض
تنافى العدم والملكة : العدم >< الملكة
تنافى الضدين : الضد >< الضد
تنافى المتضاينين : المتضايف >< المتضايف
النقيضان : ثبوت أمر ونفيه(1
Adanya sesuatu / tetapnya sesuatu dan tidak adanya sesuatu itu
Contoh : gerak >< diam kalau yang satu ada
Hidup >< mati maka yang satu tidak ada
وجود >< عدم
2) العدم والملكة : ثبوت أمر ونفيه عماٌ مت شأ انيضيف به
Contoh : عمى >< بصر
3) الضدان : المعنيان فى عاية الخ$D9�اف
Dua sifat yang wujud : سواد >< بياض
>< tidak bisa kumpul
4) المتضايفان
Dua hal yang bertentangan tetapi masing-masing bergantung pada yang lain
Contoh : anak (Ahmad) >< bapak (Bakar)
“anak (Ahmad) hanya sebuah ungkapan yang menunjukan bahwa dia itu seorang anak”
Anak >< Bapak tidak bisa ketemu, maksudnya satu orang tidak akan bisa jadi dua pola tersebut.
Contoh : Bakar tidak mungkin berstatus anak juga bapak
berbeda dengan posisi
Ahmad Bakar Aman
Ia bapak juga anak
الخلافان
المثلان
المعلومات
الضدن
التقيضان
1) الخلافان : يجتمعان و يرتفعان
Dua hal bisa kumpul bisa hilang keduanya
Contoh : - Merah dengan Putih
- Gedung dengan Papan
النقيضان :لا يجتمعان ولا يرتفعان (2
Tidak bisa kumpul tapi salah satunya harus ada (tidak bisa hilang keduanya)
Contoh : وجود >< عدم
الضدان: يجتمعان وقد يرتفعان (3
Tidak bisa kumpul tapi bisa hilang keduanya dan sejatinya/haqiqinya berbeda
Contoh : حركة><سكوت (tidak bisa kumpul tapi bisa hilang yaitu saat mati/tiada)
:لا يجتمعان وقد يرتفعان المثلان (4
Tidak bisa kumpul tapi bisa hilang keduanya dan sejatinya/haqiqinya sama
Contoh : سود >< بياض
بياض >< بياض
(putih kertas) >< (putih tembok)
Alaasn suatu dzat apabila menerima sepadanya / semisalnya maka tentu akan bisa menerima ضدان padahal itu mustahil
Biru >< Biru
العدم
Jika Allah punya sifat Adam secara otomatis berarti Allah juga punya حدوث / فناء
Jika Allah itu adam berarti Allah akan ada, dan Allah juga akan tiada lagi ( فناء) padahal semua itu mustahil.
Begitu juga jika Allah wujud maka secara otomatis Allah juga بقاء dan قدم tapi kenapa harus disebutkan dengan cara di atofkan
المماثلة للحوادث
ان يكون جرما المماثلة للحوادث
ان يكون عرضا
يكون فى جهة للجرم
له جهة
يتقد بكمان او مكان
تتصف ذاته بالحوادث
يتصف الصغرا و الكبر
ينصف بالاغراض
Bab 6 : Sifat Mustahil Bagi Allah s.w.t
Wajib atas tiap-tiap mukallaf mengetahui sifat-sifat yang mustahil bagi Allah yang menjadi lawan daripada dua puluh sifat yang wajib baginya. Maka dengan sebab itulah di nyatakan di sini sifat-sifat yang mustahil satu-persatu :
1. ‘Adam “tiada”
2. Huduth “baru”
3. Fana’ “binasa”
4. Mumathalatuhu Lilhawadith “menyerupai makhluk”
5. Qiyamuhu Bighayrih “berdiri dengan yang lain”
6. Ta’addud “berbilang-bilang”
7. ‘Ajz “lemah”
8. Karahah “terpaksa”
9. Jahl “jahil/bodoh”
10. Mawt “mati”
11. Samam “tuli”
12. ‘Umy “buta”
13. Bukm “bisu”
14. Kaunuhu ‘Ajizan “keadaannya yang lemah”
15. Kaunuhu Karihan “keadaannya yang terpaksa”
16. Kaunuhu Jahilan “kead`annya yang jahil/bodoh”
17. Kaunuhu Mayyitan “keadaannya yang mati”
18. Kaunuhu Asam “keadaannya yang tuli”
19. Kaunuhu A’ma “keadaannya yang buta”
20. Kaunuhu Abkam “keadaannya yang bisu”
Dalam riwayat yang ditulisnya, Ibnu Abbas mengatakan: “Demi Allah, Rasul Allah s.a.w. telah memberi kepada Imam Ali sembilan-persepuluh dari semua ilmu yang ada, dan demi Allah, Imam Ali masih juga mengetahui sebagian dari sepersepuluh ilmu sisanya yang ada pada kalian atau pada mereka.”
Mengenai hal itu cukuplah dikemukakan saja ucapan Rasul Allah s.a.w. yang menegaskan: “Aku ini adalah kotanya ilmu atau kotanya hikmah, sedangkan Ali adalah pintu gerbangnya. Barang siapa ingin memperoleh ilmu hendaknya ia mengambil lewat pintunya.”
Allah s.w.t. telah melimpahkan nikmat tiada terhingga kepada Imam Ali bin Abi Thalib r.a. berupa ilmu dan hikmah, sehingga ia menjadi orang yang paling banyak mengetahui dan menguasai isi A1 Qur’an serta ajaran-ajaran Rasul Allah s.a.w. Dengan sendirinya ia pun merupakan orang yang paling mampu menetapkan fatwa hukum Islam. Sebenarnya hal itu bukan merupakKan satu kejutan, karena dia adalah satu-satunya orang muslim yang terdini memeluk Islam dan hidup langsung di bawah naungan wahyu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa.
Sebuah riwayat hadits yang berasal dari Mu’adz bin Jabal mengatakan bahwa Rasul Allah s.a.w. berkata kepada Imam Ali r.a.: “Engkau mengungguli orang lain dalam tujuh perkara. Tak ada seorang Qureisy pun yang dapat menyangkalnya, yaitu:
• Engkau adalah orang pertama yang beriman kepada Allah,
• Engkau orang yang terdekat dengan janji Allah,
• Engkau orang yang termampu menegakkan perintah Allah,
• Engkau orang yang paling adil mengatur pembagian (ghanimah),
• Engkau orang yang paling berlaku adil terhadap rakyat,
• Engkau paling banyak mengetahui semua persoalan,
• dan Engkau orang yang paling tinggi nilai kebaikan sifatnya di sisi Allah.”
Jadi, kalau Rasul Allah s.a.w. sendiri sudah menilai Imam Ali r.a. sedemikian lengkapnya, tidaklah keliru kalau dikatakan, bahwa Imam Ali r.a. merupakan kualitas pilihan di kalangan ummat Islam.
SIFAT ALLAH
18.50 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar