RSS

MAKALAH METODE BELAJAR MENGAJAR


KATA PENGANTAR

                Alhamdulillahirobbil ‘alamin dengan mengucap puja dan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa yang memberikan kekuatan dan hidayah-Nya, sehingga Penulis bisa menyeleseikan penulisan makalah sebagai tugas dari mata kuliah Bahasa Indonesia.
Ucapan shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya hingga akhir zaman, dengan diiringi upaya meneladani yang mulia.
Berbekal dengan keyakinan dan kemantapan, akhirnya makalah yang berjudul Metode Pengajaran Dalam Kontek Pendidikan di Indonesia ini dapat kami selesaikan walaupun dengan keterbatasan yang kami miliki. Hal ini menunjukkan bahwa penulis bukanlah orang yang sempurna.
Seberkas harapan penulis, semoga makalah ini bermanfaat bagi semua yang terlibat ataupun yang membacanya, Amin
Adapun saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan, Untuk menyempurnakan karya-karya kami selanjutnya.



Jombang, 26 Desember 2011


Penyusun



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.............................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I : PENDAHULUAN
A Latar Belakang...................................................................................... 4
B Rumusan Masalah.................................................................................. 4
C. Tujuan Penulisan.................................................................................... 5
BAB II : PEMBAHASAN
Metode Pengajaran Dalam Kontek Pendidikan di Indonesia................................. 6

BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan........................................................................................ 12
B. Saran................................................................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 13




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pendidikan biasanya berawal saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum kelahiran. Bagi sebagian orang, pengalaman kehidupan sehari-hari lebih berarti daripada pendidikan formal. Seperti kata Mark Twain, "Saya tidak pernah membiarkan sekolah mengganggu pendidikan saya. Anggota keluarga mempunyai peran pengajaran yang amat mendalam, sering kali lebih mendalam dari yang disadari mereka, walaupun pengajaran anggota keluarga berjalan secara tidak resmi. Mengajar dapat di artikan sebagai penyampaian ilmu pengetahuan atau keterampilan dan lain sebagainya kepada orang lain, dengan menggunakan cara-cara tertentu, sehingga pengetahuan itu menjadi milik orang tersebut. Dengan demikian yang menjadi tekanan dalam mengajar adalah materi atau isi yang di  ajarkan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan Latar belakang dan uraian di atas bisa kami tarik garis tengah tentang rumusan masalah yang akan kami bahas dalam makalah ini, diantara masalah yang jadi titik bahas dalam makalah ini adalah  :
1.      Apakah pendidikan itu ?
2.      Bagaimakah mendidik anak ?
3.      Bagaiamanakah metode dan cara mendidik anak didik yang benar sesuai dengan konsep Negara dan agama ?


C.    Tujuan
Dengan adanya latar belakang dan rumusan masalah di atas maka penulisan makalah ini mempunyai dua tujuan, yaitu tujuan secara umum dan tujuan secara khusus :
1.      Tujuan secara Umum
Tujuan secara Umum adalah tujuan yang nantinya kembali pada semua obyek yang ada. Diantara tujuan Umumnya adalah agara semua pembaca, teman-teman, keluarga, dosen-dosen, guru-guru atau pun semua pihak yang terjun dalam pembuatan makalah ini bisa memetik hikmah yang terkandung dalam bahasan fungsi dan keberadaan al-Qur’an di kalangan kita di sepanjang zaman.

2.      Tujuan Secara Khusus
·         Tujuan secara khusus adalah untuk memenuhi tugas akhir semester mata kuliah bahasa Indonesia
·         Untuk lebih memahami dan memperdalam bentuk-bentuk metode mendidik dan mengajar


















BAB  II
PEMBAHASAN
METODE PENGAJARAN
DALAM KONTEK PENDIDIKAN DI INDONESIA
Di era modern ini, perputaran globalisasi dan timbale-balik industry semakin hari kita semakin digerogoti oleh semangat kapitalisme barat ( dalam hal ini eropa) yang merasuk dan telah menjadikan kita orang-orang yang tersubyek kita bukan lagi menjadi diri kita. Melainkan hanya menjadi representasi dari ambisi dan keserakahan para pemilik modal. Semangat kapitalisme tersebut tidak hanya mengeja disegala segi, termasuk pendidikan. Pendidikan kita ini telah menjadi ajang pencarian keuntungan para pemilik modal. Out put yang dihasilkan pun sanggup menjadikan mereka sebagai ”intelek asongan” yang menjajakan keahlian dan pengetahuan demi pemilik modal.
Negara-negara barat yang mempunyai falsafah hidup rasional, materealis dan pragmatis membuat sistem pendidikannya yang bercorak rasionalis, progmatis dan materialis. Begitu pula falsafah negara kita yaitu pancasila, membuat sistem pendidikan nasional indonesia bercorak khusus indonesia yang tidak ditemui pada sistem pendidikan lainnya. Diantara bentuk-bentuk penyamapaian ajar serta mendidik anak adalah hal yang menjadi acuan yang sangat penting. Metode adalah suatu cara yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisa, dan kemudian disusun menjadi suatu kebulatan.[1] Dianatara metode-metode mengajar dan mendidik adalah sebagai berikut :

1)      Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode memberikan uraian atau penjelasan kepada sejumlah murid pada waktu dan tempat tertentu. Dengan kata lain metode ini adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.
Metode ini disebut juga dengan metode kuliah atau metode pidato.
Kekurangan metode ini adalah
1) Guru lebih aktif sedangkan murid pasif karena perhatian hanya terpusat pada guru saja.
2) Murid seakan diharuskan mengikuti segala apa yang disampaikan oleh guru, meskipun murid ada yang bersifat kritis karena guru dianggap selalu benar
Untuk bidang studi agama, metode ceramah ini masih tepat untuk dilaksanakan. Misalnya, untuk materi pelajaran akidah.

2)      Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
Tujuan metode ini adalah
*      Memotivasi atau memberi stimulasi kepada siswa agar berfikir kritis, mengeluarkan pendapatnya, serta menyumbangkan pikiran-pikirannya.
*      Mengambil suatu jawaban actual atau satu rangkaian jawaban yang didasarkan atas pertimbangan yang saksama
Macam-macam diskusi yaitu
1) Diskusi informal
2) Diskusi formal
3) Diskusi panel
4) Diskusi simpusium

3)      Metode Demonstrasi
Metode ini adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan sesutau kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan yang sedang disajikan.
Tujuan metode ini adalah memperjelas pengertian konsep atau suatu teori.
Diantara keuntungan metode ini adalah
*      Perhatian anak dapat dipusatkan dan titik berat yang dianggap penting dapat diamati secara tajam
*      Proses belajar anak akan semakin terarah karena perhatiannya akan lebih terpusat kepada apa yang didemonstrasikan
*      Apabila anak terlibat aktif, maka mereka akan memperoleh pengalaman atau pengetahuan yang melekat pada jiwanya dan ini berguna dalam pengembangan kecakapannya.

4)      Metode Penugasan
Suatu cara mengajar dengan cara memberikan sejumlah tugas yang diberikan guru kepada murid dan adanya pertanggungjawaban terhadap hasilnya. Tugas tersebut dapat berupa
 Mempelajari bagian dari suatu teks buku
 Melaksanakan sesuatu yang tujuannya untuk melatih kecakapannya
 Melaksanakan eksperimen
 Mengatasi suatu permasalahan tertentu
 Melaksanakan suatu proyek

5)      Metode Sosiodrama
Suatu cara mengajar dengan cara pementasan semacam drama atau sandiwara yang diperankan oleh sejumlah siswa dan dengan menggunakan naskah yang telah disiapkan terlebih dahulu.
Tujuan metode ini adalah
 Melatih keterapilan social
 Menghilangkan perasaan-perasaan malu dan renda diri
 Mendidik dan mengembangkan kemampuan mengemukakan pendapat
 Membiasakan diri untuk sanggup menerima pendapat orang lain

6)      Metode Latihan (drill)
Suatu cara mengajar yang digunakan dengan cara memberikan latihan yang diberikan guru kepada murid agar pengetahuan dan kecakapan terentu dapat menjadi atau dikuasi oleh anak.
Tujuan dari metode ini adalah
o   Memberikan umpan balik (feedback) kepada guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar
o   Untuk menentukan angka kemajuan atau hasil belajr masing-masing anak didik
o   Menempatkan anak didik dalam situasi belajar mengajra yang tepat.
o   Anak dapat mempergunakan daya berfikirnya semakin baik
o   Pengetahuan anak didik agar semakin bertambah dari berbagai segi.
Perikasaan latihan atau ulangan dapat dilakukan dengan cara
 Secara klasikal
 Secara individu
 Pencocokan dengan kunci jawaban yang telah disediakan sebelumnya

7)      Metode Kerja Kelompok
Kerja kelompok elompok itu ada dua macam
a.       Kerja kelompok jangka pendek
Kelompok ini dapat dilaksanakan dalam kelas dalam waktu yang singkat kurang lebih 20 menit.
b.      Kerja kelompok jangka menengah
Dilaksanakan dalam beberapa hari karena adanya tugas yang cukup memakan waktu yang agak panjang.

8)      Metode Proyek
Metode mengajar dengan cara memberikan bermacam-macam permasalahan dan anak didik bersama-sama menghadapi masalah tersebut dan memecahkannya secara bersama-sama dengan mengikuti langkah-langkah secara ilmiah, logis, dan sistemastis. Metode ini disebut juga dengan metode pengajaran unit Tujuan metode ini adalah untuk melatih anak didik agar berfikir ilmiah, logis, dan sistematis.

9)      Metode Karyawisata
Metode ini adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek yang bersejarah atau memiliki nilai pengetahuan untuk mempelajari dan menelilti sesuatu.

10)  Metode Tanya jawab
Metode Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk sejumlah pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi ada pula dari siswa kepada guru.



11)  Metode Eksperimen
Suatu metode yang dilakukan dalam suatu pelajaran tertentu terutama yang bersifat objektif, seperti ilmu pengetahuan alam, baik dilakukan di dalam/di luar kelas maupun dalam suatu laboratorum tertentuMetode pemahaman dan penalaran

12)  Metode Kisah Atau Cerita
Merupakan suatu cara mengajar dengan cara meredaksikan kisah untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya.

13)  Metode Tutorial
Metode ini adalah cara mengajar dengan memberikan bantuan tutor. Setelah siswa diberikan bahan ajar, kemudian siswa diminta untuk mempelajari bahan ajar tersebut.

14)  Metode Perumpamaan
Suatu metode yang digunakan untuk mengungkapkan suatu sifat dan hakikat dari realitas sesuatu atau dengan cara menggambarkan seseuatu dengan seseuatu yang lain yang serupa.

15)  Metode Suri Tauladan
Metode menajar dengan cara memberikan contoh dalam ucapan, perbuatan, atau tingkah laku yang baik dengan harapan menumbuhkan hasrat bagi anak didik untuk meniru atau mengikutinya.

16)  Metode Peringatan dan Pemberian Motivasi
Metode mendidik dengan cara memberikan peringatan kepada anak tentang sesuatu dan memberikan motivasi agar memiliki semangat dan keinginan untuk belajar dan mempelajari sesuatu.

17)  Metode Praktek
Metode mendidik dengan memberikan materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda dengan harapan anak didik mendapatkan kejelasan dan kemudahan dalam mempraktekan materi yang dimaksud.


18)  Metode Pemberian Ampunan dan Bimbingan
Metode mengajar dengan cara memberikan kesempatan kepada anak didik memperbaiki tingkah lakunya dan mengembangkan dirinya.

19)  Metode Tulisan
Metode mendidik dengan cara penyajian huruf atau symbol apapun yang bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui.



























BAB  III
PENUTUP
Alhamdulillahi robb al-‘alamin akhirnya makalah ini dapat terselesaikan walau kami sadari masih jauh dari kesempurnaan, karena walau bagaimanapun penulis adalah manusia biasa yang tidak lepas dari salah. Penulis banyak mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah memberi dukungan baik secara materiil maupun moril, semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi kita semua umumnya .
a)        Kesimpulan
Metode dan cara mengajar atau mendidik anak adalah bermacam-macam. Tentu dari satu individu dengan individu mempunyai metode yang berbeda-beda akan tetapi pada dasarnya tidak jauh dari ketentuan atau kaidah yang dijelaskan di atas. Di dalam agama islam pun metode dan cara penyampaian ilmu juga dilakukan dengan sebagian metode yang dijelaskan di atas.

b)       Saran
Demikianlah makalah ini kami seleseikan, dan kami persembahkan pada semua kalangan khususnya teman-teman dan para dosen yang ada di fakultas STAI BU Tambakberas Jombang dan hanya sebatas inilah kemampuan penulis dalam menyusun makalah. Semoga para pembaca terutama dosen pengampuh mata kuliah ilmu Bahasa Indonesia Perguruan tinggi STAI BU Tambakberas Jombang dapat mengambil sedikit banyak manfa’at dari makalah ini.
Saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak terutama teman-teman seperjuangan di perguruan tinggi STAI BU Tambakberas Jombang serta dari dosen-dosen yang sangat kami harapkan. Pesan yang bisa kami sampaikan adalah :
1.      Rajin-rajinlah mempelajari dan mencari metode yang tepat dalam membimbing anak didik

Dan semoga makalah ini memberi guna dan manfaat. Amin.




DAFTAR PUSTAKA

http://sutisna.com/pendidikan/strategi-belajar-mengajar/macam-macam-metode-mengajar/
http:/cam-metode-mengajar.www.co.id
Simamora, Roymond H.2009. BUKU AJAR PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN. Jakarta : EGC
http://krisna1.blog.uns.ac.id/2010/06/04/macam-ma
Rahim,husni.2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: logos, 2001
Ramayulis.2008. Ilmu pendidikan Islam. jakarta



[1] Lih.Isom Ahmadi.2007.Kaifa Nurobbi Abna Ana.hal:3

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar