RSS

BUKU CINTA

Moh. Ali Ridwan Al-Bashory



PUSTAKA KYAI MOJO
GORESAN PENA
الحمد لله الذي قوى بدلائل دينه أركان الشريعة وصحح بأحكامه فروع الملة الحنيفية أحمده سبحانه على ما علم وأشكره على ما أنعم وأشهد أن لا إله إلا الله الملك الحق المبين وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله المبعوث رحمة للعالمين القائل من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه صلاة تنشرح بها الصدور وتهون بها الأمور وتنكشف بها الستور وسلم تسليما كثيرا ما دامت الدهور
أما بعد :
Alhamdulillahi robbil ‘alamin segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam yang telah memberikan rohmat, taufiq, hidayah dan inayahNya pada kita semua sehingga sampai saat ini kita semua masih dalam keadaan sehat, wal ‘afiyat, kuat dan yang terpenting dalam keadaan iman dan islam, semoga senantiasa terus menerus sampai khusnul khotimah.
Sholawat dan salam semoga tetap terhaturkan pada junjungan kita nabi agung, penebar rohmat, syafa’at umat, penerang jagat, Pemimpin penduduk surge di akerat dan penyebar benih kesucian cinta Yaitu Nabi Muhammad SAW. Pun kepada keluarga, para sahabat, tabi’in, para ulama’ dan masyayikh dan semua kaum muslimin muslimat.
Penulis mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada :
1. Kedua orang tua yang tidak perna lelah mendidik dan membekali penulis sehingga masih bisa meneruskan jenjang pendidikanya secara terus menerus.
2. Kepada pengasuhh PP Kyai Mojo ( Abah Drs KH. Imron Djamil & Bu Nyai HJ.Titi Maryam) yang telah banyak memberi inspirasi serta pendidikan lahir maupun batin.
3. Pada adhek tercinta yang sekarang dalam proses tahfidhul Qur’an yang senantiasa memberi dorongan-dorongan moral baik secara nasehat maupun teguran.
4. Pada semua santri pondok pesantren Kyai Mojo yang telah memberi inspirasi dan bantuan, baik dukungan, support atau pun material sehingga penulis bisa menyeleseikan pembuatan buku cetakan ini.

Semoga amal kalian semua diterima disisi Allah SWT dan dicatat sebagai amal hasanah yang menjadi syafa’at di hari kiamat nanti.

Penulis merasa terilhami untuk membuat buku atau cetakan yang berisi pelajaran-pelajaran pondok, bacaan, hiburan baik itu semisal terjemah ataupun penjelasan-penjelasan akan pelajaran-pelajaran yang harus di fahami. Karena penulis merasakan betapa pentingnya sebuah literatur sekaligus penjelasan akan pelajaran-pelajaran agama dan pendidikan mengingat banyaknya muda-mudi di era-era baru ini kesulitan dalam memahami kitab-kitab kuning atau buku-buku luar atau jarang yang bisa memanfa’atkan dunia maya sebagai lahan Tholabul Ilmi yang notabenya menjadi makanan pokok di dunia kita. Selain itu penulis menyadari betapa pentingnya hal itu dicapai karena wajibnya memahami pengetahuan - pengetahuan agama dan pendidikan tersebut.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dan kekhilafan dalam penulisan buku cetakan ini. Baik dari segi bahasa, keindahan atau uslub-uslub yang ada. Maka dari itu penulis sangat berharap saran, masukan serta bimbingan dari para pembaca untuk menyumbangkan idenya, partisi-pasinya dan pikiran-pikiran guna untuk lebih memperbaiki buku ini.

Akhirnya kami hanya mohon pada Allah SWT semoga buku ini memberi manfa’at pada kita semua dan khususnya pada semua santri terkhusus santri pondok pesantren kyai mojo tambakberas Jombang. Sehingga dapat mengantar dan mengkader anak-anak didik yang bermanfa’at, berguna bagi masyarakat, agama, bangsa dan Negara. Aamiin ya Robbal “alamin.



Jombang, Minggu 9 Januari 2012
Penulis :

Moh Ali Ridwan al-Bashory


KADO CINTA
DI HARI YANG INDAH
Kata cinta dalam Al Qur’an disebut Hubb (mahabbah) dan Wudda (mawaddah), keduanya memiliki arti yang sama yaitu menyukai, senang, menyayangi.
Sebagaimana dalam QS Ali Imron : 14
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآَبِ (14)
Artinya : “Dijadikan indah dalam pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (syurga).”
Dalam ayat ini Hubb adalah suatu naluri yang dimiliki setiap manusia tanpa kecuali baik manusia beriman maupun manusia durjana.
Adapun Wudda dalam QS Maryam : 96
إِنَّ الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَنُ وُدًّا (96)
Artinya : “ Sesungguhnya orang-orang beriman dan beramal sholeh, kelak Allah yang maha pemurah akan menanamkan dalam hati mereka kasih sayang ”
jadi Wudda (kasih sayang) diberikan Allah sebagai hadiah atas keimanan, amal sholeh manusia.
Dipertegas lagi dalam QS Ar Rum : 21
وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (21)
Artinya : “ Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah ia menciptakan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”
Dalam ayat inipun Allah menggambarkan ‘cenderung dan tentram’ yang dapat diraih dengan pernikahan oleh masing-masing pasangan akan diberi hadiah (ja’ala) kasih sayang dan rahmat.
Dalam fil gharibil Qur’an dijelaskan bahwa hubb sebuah cinta yang meluap-luap, bergejolak. Sedangkan Wudda adalah cinta yang berupa angan-angan dan tidak akan terraih oleh manusia kecuali Allah menghendakinya, hanya Allah yang akan memberi cinta Nya kepada hamba yang dkehendakiNya. Allah yang akan mempersatukan hati mereka. Walaupun kamu belanjakan seluruh kekayaan yang ada di bumi, niscaya kamu tidak akan mendapatkan kebahagiaan cinta jika Allah tidak menghendakiNya. Oleh karena itu terraihnya cinta-wudda pada satu pasangan itu karena kualitas keimanan ruhani pasangan tersebut. Semakin ia mendekatkan diri kepada sang Maha Pemilik Cinta maka akan semakin besarlah wudda yang Allah berikan pada pasangan tersebut.
Cinta inilah yang tidak akan luntur sampai di hari akhir nanti sekalipun maut memisahkannya, cinta yang atas nama Allah, mencintai sesuatu atau seseorang demi dan untuk Allah.
DEFINISI CINTA
Sampai saat ini, Semua Orang belum ada Yang Puas Dengan definisi cinta yang ada, atau mungkin kepuasan yang di dapat adalah dari inspirasi sendiri, sedang arti laen menurut orang lain juga dirasa belum memuaskan. Selama ini arti cinta masih merupakan suatu mystery yang penuh teka-teki, yang dapat berubah-ubah sesuai dengan perkembangan usia, keadaan, situai dan kondisi.
Cinta pada masa remaja, mempunyai pengertian adanya perasaan saling mengagumi yang disertai rasa malu dan sering membuat tingkah laku kita serba salah. Dan pada umumnya kita masih belum berani menyatakan perasaan kita. Cukup dengan saling memandang dari jauh, merasa bahagia walaupun hanya sekedar mengetahui warna baju apa yang si dia pakai hari itu.
Pada masa sekarang ini cinta masih berdasarkan pada penampilan fisik. Artinya kita merasa tertarik pada lawan jenis kita, karena dia cantik atau ganteng dan popular dilingkungan kita. Baik popular karena prestasi olah raga maupun dalam berorganisasi, kadang-kadang walaupun penampilannya tidak terlalu cantik atau ganteng tetapi bila berprestasi dan popular, akan menjadi idola. Berbeda dengan yang mempunyai sifat pemalu pada usia ini , pada umumnya kurang penggemarnya, walaupun dia pintar dan penampilannya menarik.
KONSEP CINTA
Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan masa. Perkataan cinta senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 15 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu atau abad yang sekarang ini. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
• Perasaan terhadap keluarga
• Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
• Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
• Perasaan yang hanya merupakan kemauan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
• Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
• Perasaan terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
• Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
• Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
• Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Penggunaan istilah cinta dalam masyarakat Indonesia dan Malaysia lebih dipengaruhi perkataan love dalam bahasa Inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape dan storge. Namun demikian perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut:
• Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, disebut eros
• Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, disebut philia
• Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, disebut agape
• Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, disebut storge
Beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia atau bahasa Melayu apabila dibandingkan dengan beberapa bahasa mutakhir di Eropa, terlihat lebih banyak kosakatanya dalam mengungkapkan konsep ini. Termasuk juga bahasa Yunani kuno, yang membedakan antara tiga atau lebih konsep: eros, philia, dan agape.
Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
• Perasaan
• Pengenalan
• Tanggung jawab
• Perhatian
• Saling menghormati
Erich Fromm dalam buku larisnya (the art of loving) menyatakan bahwa ke empat gejala: Care, Responsibility, Respect, Knowledge (CRRK), muncul semua secara seimbang dalam pribadi yang mencintai. Omong kosong jika seseorang mengatakan mencintai anak tetapi tak pernah mengasuh dan tak ada tanggungjawab pada si anak. Sementara tanggungjawab dan pengasuhan tanpa rasa hormat sesungguhnya & tanpa rasa ingin mengenal lebih dalam akan menjerumuskan para orang tua, guru, rohaniwan dll pada sikap otoriter.
HAKEKAT CINTA
Semua orang membutuhkan kehangatan dan kasih sayang dari orang lain, baik orangtua, saudara, sahabat, pasangan (kecuali anak-anak, belum membutuhkan pasangan), bahjan dari Tuhan (pada orang-orang yang religius, cinta Tuhan merupakan keutamaan tertinggi).
Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dalam bumi ini. Manusia dibekali akal, hati, nafsu dan syahwat oleh Allah SWT. Dari sinilah manusia derajatnya terangkat jauh di atas para malikat dan para makhluk yang lain. Bagaimana tidak ? manusia dibekali oleh nafsu dan syahwat yang senantiasa mengajak dan menarik ke lembah kejelekan dan kesesatan. sedang para malaikat tidaklah mempunyai apa-apa yang dimiliki manusia.
Di sisi lain ada hal yang menarik untuk kita bahas. Dari hati, nafsu, syahwat dan akal manusia itulah terdorong inisiatif-inisiatif serta kebutuhan-kebutuhan yang harus terpenuhi. Menurut Mohammad Ismail dalam diri manusia terdapat ithoqoh al-hayat (daya kehidupan ) yang memotivasi manusia melakukan perbuatan-perbuatan yang menuntut adanya pemenuhan kebutuhan tersebut. Menurut Syeh Abu Bakar Al ahdali Tingkatan kebutuhan itu ada lima macam :
a. Tingkat Dlorurot
Tingkatan ini menyebabkan adanya kematian atau mendekati kematian jika kebutuhan itu tidak terpenuhi. Sehingga pada tingkatan ini seorang boleh melakukan hal-hal yang dilarang seperti makan bangkai.
b. Tingkat hajat
Dalam tingkatan ini seorang menuntut sampainya hal yang dibutuhkan, bila kebutuhan itu tidak terpenuhi maka ia akan merasakan kesulitan atau keberatan. Disini diantarnya manusia itu butuh pada cinta, kasih dan sayang.
c. Tingkat Manfa’at
Kebutuhan tingkat ini adalah dengan maksud mencari nilai tambah yang diperuntukkan untuk kemaslahatan dirinya. Dalam hal ini agama islam masih memperbolehkan pemenuhan kebutuhan tingkat ini. misal seorang makan dengan menggunakan 4 sehat 5 sempurna, walaupun dengan nasi saja sudah cukup.
d. Tingkat Zinah ( berhias )
Pemenuhan kebutuhan ini dimaksudkan untuk suatu kepuasan dan kesenangan, lebih memperindah diri atau penampilan, menghisi diri dan lain-lain. Dalam tingkatan ini pun masih diperbolehkan selagi tidak menerobos rambu-rambu hukum.
e. Tingkat fudlul
dalam tingkatan ini sudah menganggap sepelenya hukum haram dan syubhat. Tingkat inilah yang dilarang agama.

Sedang menurut Mohammad Ismail kebutuhan itu ada 2 macam :
1. Al-Hajah Al-‘Udlwiyyah ( Kebutuhan jasmani )
hal ini sama dengan kebutuhan tingkat dlorurot yaitu jika tidak terpenuhi maka akan mati atau mendekati mati.
2. Al-Hajah Al-Ghorizah ( Kebutuhan Naluri )
Kebutuhan ini tidak menyebabkan sampai bahaya atau mati. Namun jika hal ini tidak terpenuhi manusia akan merasa resah dan tidak tenang, seperti manusia butuh beragama,atau beraqidah atau bertuhan, manusia butuh terhadap teman atau social atau masyarakat untuk saling bantu membantu, tolong menolong dan saling melengkapi. Contoh lain dari model kebutuhan naluri adalah cinta, kasih dan sayang.
Erich Fromm (1900-1980) seorang ahli psikologi dan filsafat sosial yang terkenal dengan bukunyaThe Art of Loving menyatakan, cinta merupakan jawaban terhadap masalah eksistensi manusia. Hidup dapat berlanjut dengan penuh makna hanya bila manusia hidup dalam cinta. Tanpa cinta seseorang akan merasa kesepian, terpisah dari masyarakat dan alam sekitar.
Ketika memasuki masa remaja (12 atau 13 tahun), sering disebut masa pubertas, individu mengalami kematangan fisik dan organ-organ seksual, dan dalam kondisi ini mereka mulai mempertanyakan identitasnya; Who am I ?. Istilah inilah yang biasa dipakai para remaja seketika mereka sadar bahwa mereka suda beranjak remaja dan sudah mengenal dunia love.
Hormon pertumbuhan yang sebelumnya sudah aktif, pada masa ini mengalami percepatan pertumbuhan karena kematangan tersebut, dan hormon seks yang semula pasif telah menjadi aktif.
Perubahan fisik yang cepat dan aktivitas hormon seksual, tentu saja kemudian menimbulkan perubahan-perubahan psikis maupun sosial. Dengan perkembangan kognisi (kemampuan berpikir) dan emosi-emosi yang menyertai perkembangan fisik-seksual, secara psikologis remaja mulai merasakan individualitasnya, menyadari perbedaannya dari jenis kelamin lain, merasakan keterpisahan-keterasingan dari dunia kanak-kanak yang baru saja dilaluinya, namun juga masih asing dengan dunia dewasa.
Remaja yang memiliki keluarga yang hangat (penuh cinta) akan dapat melewati masa-masa sulit ini dengan relatif mudah. Sebaliknya mereka yang tidak merasakan kehangatan cinta dalam keluarga, akan memasuki kehidupan yang sulit, ketika mereka masih belum sepenuhnya mengerti kehidupan.
Cinta memang sudah ada didalam diri kita, diantaranya terhadap lawan jenis. Tapi kalau tidak hati-hati cinta bisa menulikan dan membutakan kita.
Dalam satu haits dikatakan :
Cintamu kepada sesuatu menjadikan kamu buta dan tuli (HR. Abu Dawud dan Ahmad)
Cinta yang paling tinggi adalah cinta karena Allah cirinya adalah orang yang tidak memaksakan kemauan dan kehendaknya. Tapi ada juga cinta yang menjadi cobaan buat kita yaitu cinta yang lebih cenderung kepada maksiat. Cinta yang semakin mengggelorakan hawa nafsu, makin berkurang rasa malu. Dan, inilah yang paling berbahaya dari cinta yang tidak terkendali.
Islam tidak melarang atau mengekang manusia dari rasa cinta tapi mengarahkan cinta tetap pada rel yang menjaga martabat kehormatan, baik wanita maupun laki-laki. Kalau kita jatuh cinta harus hati-hati karena seperti minum air laut semakin diminum semakin haus. Cinta yang sejati adalah cinta yang setelah akad nikah, selebihnya adalah cobaan dan fitnah saja.
Dari Anas ra., sesungguhnya Nabi saw. Bersabda:
“Ada tiga perkara, siapa saja yang memilikinya ia telah menemukan manisnya iman. Yaitu orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari yang lainnya; orang yang mencintai seseorang hanya karena Allah; dan orang yang tidak suka kembali kepada kekufuran sebagaimana ia tidak suka dilemparkan ke Neraka. (Mutafaq ‘alaih)”
Cara untuk bisa mengendalikan rasa cinta adalah jaga pandangan, jangan berkhalwat berdua-duaan, jangan dekati zina dalam bentuk apapun dan jangan saling bersentuhan.
Bagi orang tua yang membolehkan anaknya berpacaran, harus siap-siap menanggung resiko. Marilah kita mengalihkan rasa cinta kita kepada Allah dengan memperbanyak sholawat, dzikir, istighfar dan sholat sehingga kita tidak diperdaya oleh nafsu, karena nafsu yang akan memperdayakan kita. Sepertinya cinta padahal nafsu belaka.
Hakekat cinta kepada Allah SWT dan Nabi SAW ialah mengutamakan segala sesuatu yang bertujuan untuk mendekatkan diri kita kepada-Nya, mencontoh kehidupan rasul-Nya, serta menegakkan islam dengan syariatnya sebagai media cinta tersebut. Oleh karena itu, aspek Ibadah, Dakwah dan Jihad menjadi urusan terdepan dalam kehidupan ini dengan menyertai aqidah,Syariah dan akhlak sebagai alat ketiga hal itu. Ikrar syahadat yang telah terekam dalam hati dan otak kita adalah bukti nyata awal seorang hamba dalam kesungguhan menjalankan cintanya itu.
Mereka yang bersender pada Allah SWT serta berharap hanya mendapat Keridhoan dan dan Rahmat-Nya lah yang bisa disebut sebagai hamba bertaqwa.
Hakikat cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya yang selalu mengedepankan kebahagiaan Akhirat yang disandarkan pada Al-Quran dan Al-Hadits, akan menuju pribadi manusia yang selalu berpikir,melakukan sesuatu perbuatan, dan perkataan yang luar biasa dengan batasan hukum-hukum Allah SWT. Pribadi-pribadi itu akan melahirkan para penegak dinul islam yang taraf ide dan pemikirannya telah kokoh sehingga saat pemikiran dan ide-ide berpola barat serta primitif mereka jumpai maka ide-ide itu dengan sendiri akan terbuang. Sungguh aneh di zaman sekarang, saat identitas ulama, syaikh, ustadz, profesor, ataupun apalah namanya yang mengidentikan seseorang pada ketakwaan namun, pada faktanya pemikiran orang-orang tersebut adalah pemikiran berdasarkan materi, berlandaskan pemikiran sekulerisme, pluralisme, sosialisme, liberalisme, dan lainnya yang membantah sendiri, ayat-ayat Allah SWT dan Rasul-Nya.
Apa ciri-ciri seseorang mencintai saudaranya karena Allah Azza wa Jalla. Diantaranya, rasulullah SAW telah menjelaskannya dalam Hadits Mutafaq ‘alaih dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW. Bersabda:
“Seorang muslim adalah saudara muslim yang lain, ia tidak akan mendzaliminya dan tidak akan membiarkannya binasa. Barangsiapa berusaha memenuhi kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan dari seorang muslim, maka dengan hal itu Allah akan menghilangkan salah satu kesusahannya dari kesusahan-kesusahan di hari kaimat. Barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat.”
Bila dikaji dengan benar, maka hadits ini layak menjadi landasan hidup dari seluruh kaum muslim dalam rangka menjalin silaturahim, memperkuat tali ukhuwah, dan menjadikan kerangka hidup masyarakat yang cinta satu dengan yang lainnya. Sungguh, seandainya seluruh kaum muslimin sadar betapa indahnya kesatuan dan kebersamaan dengan landasan aqidah islam, dengan aturan syariat islam, dengan prilaku akhlaqul karimah maka tidak akan kita temui di belahan bumi manapun kesengsaraan menimpa kaum yang telah diridloi Allah ini.
AKAR-AKAR CINTA
Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
Cinta antar pribadi menunjuk kepada cinta antara manusia. Bentuk ini lebih dari sekedar rasa kesukaan terhadap orang lain. Cinta antar pribadi bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orangtua dengan anak, dan juga persahabatan yang sangat erat.
Beberapa akar cinta atau unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi, diantaranya :
• Kasih sayang: menghargai orang lain.
• Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tentunya sangat jarang kita temui sekarang ini).
• Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
• Komitmen: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
• Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
• Kekerabatan: ikatan keluarga.
• Passion: Hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
• Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
• Kepentingan pribadi: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
• Pelayanan: keinginan untuk membantu dan atau melayani.
• Homoseks: Cinta dan atau hasrat seksual pada orang yang berjenis kelamin sama, khususnya bagi pria. Bagi wanita biasa disebut Lesbian (lesbi).
Energi seksual dapat menjadi unsur paling penting dalam menentukan bentuk hubungan. Namun atraksi seksual sering menimbulkan sebuah ikatan baru, keinginan seksual dianggap tidak baik atau tidak sepantasnya dalam beberapa ikatan cinta. Dalam banyak agama dan sistem etik hal ini dianggap salah bila memiliki keinginan seksual kepada keluarga dekat, anak, atau diluar hubungan berkomitmen. Tetapi banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa seks. Afeksi, keintiman emosi dan hobi yang sama sangat biasa dalam berteman dan saudara di seluruh manusia.
Menurut Hadis Nabi, Orang Yang Sedang Jatuh Cinta Cenderung Selalu Mengingat Dan Menyebut Orang Yang Dicintainya (Man Ahabba Syai’an Katsura Dzikruhu), Kata Nabi, Orang Juga Bisa Diperbudak Oleh Cintanya (Man Ahabba Syai’an Fa Huwa `Abduhu). Kata Nabi Juga, Ciri Dari Cinta Sejati Ada Tiga :
1. Lebih Suka Berbicara Dengan Yang Dicintai Dibanding Dengan Yang Lain,
2. Lebih Suka Berkumpul Dengan Yang Dicintai Dibanding Dengan Yang Lain, Dan
3. Lebih Suka Mengikuti Kemauan Yang Dicintai Dibanding Kemauan Orang Lain/Diri Sendiri.
JENIS-JENIS CINTA
1) Pembagian Cinta Versi Al-Qur’an
Dalam al-Qur’an Cinta Memiliki 7 macam, diantaranya :
a. Cinta Mawaddah
Dalam al-Qur’an ar-Ruum ayat 21
وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً
Jenis cinta ini Adalah Jenis Cinta Mengebu-Gebu, Membara Dan “Nggemesi”. Orang Yang Memiliki Cinta Jenis Mawaddah, Maunya Selalu Berdua, Enggan Berpisah Dan Selalu Ingin Memuaskan Dahaga Cintanya. Ia Ingin Memonopoli Cintanya, Dan Hampir Tak Bisa Berfikir Lain.

b. Cinta Rahmah
Dalam ayat surat ali Imron : 159
فَب�$90مَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ
Cinta jenis ini Adalah Jenis Cinta Yang Penuh Kasih Sayang, Lembut, Siap Berkorban, Dan Siap Melindungi. Orang Yang Memiliki Cinta Jenis Rahmah Ini Lebih Memperhatikan Orang Yang Dicintainya Dibanding Terhadap Diri Sendiri. Baginya Yang Penting Adalah Kebahagiaan Sang Kekasih Meski Untuk Itu Ia Harus Menderita. Ia Sangat Memaklumi Kekurangan Kekasihnya Dan Selalu Memaafkan Kesalahan Kekasihnya. Termasuk Dalam Cinta Rahmah Adalah Cinta Antar Orang Yang Bertalian Darah, Terutama Cinta Orang Tua Terhadap Anaknya, Dan Sebaliknya. Dari Itu Maka Dalam Al Qur’an , Kerabat Disebut Al Arham, Dzawi Al Arham, Yakni Orang-Orang Yang Memiliki Hubungan Kasih Sayang Secara Fitri, Yang Berasal Dari Garba Kasih Sayang Ibu, Disebut Rahim (Dari Kata Rahmah). Sejak Janin Seorang Anak Sudah Diliputi Oleh Suasana Psikologis Kasih Sayang Dalam Satu Ruang Yang Disebut Rahim. Selanjutnya Diantara Orang-Orang Yang Memiliki Hubungan Darah Dianjurkan Untuk Selalu Ber Silaturrahim, Atau Silaturrahmi Artinya Menyambung Tali Kasih Sayang. Suami Isteri Yang Diikat Oleh Cinta Mawaddah Dan Rahmah Sekaligus Biasanya Saling Setia Lahir Batin-Dunia Akhirat.

c. Cinta Mail
Dalam Al-Qur’an an-Nisa : 27
وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَنْ تَمِيلُوا مَيْلًا عَظِيمًا (27)
Cinta jenis ini Adalah Jenis Cinta Yang Untuk Sementara Sangat Membara, Sehingga Menyedot Seluruh Perhatian Hingga Hal-Hal Lain Cenderung Kurang Diperhatikan. Cinta Jenis Mail Ini Dalam Al Qur’an Disebut Dalam Konteks Orang Poligami Dimana Ketika Sedang Jatuh Cinta Kepada Yang Muda (An Tamilu Kulla Al Mail), Cenderung Mengabaikan Kepada Yang Lama.

d. Cinta Syaghaf
Dalam Surat Yusuf : 30
وَقَالَ نِسْوَةٌ فِي الْمَدِينَةِ امْرَأَةُ الْعَزِيزِ تُرَاوِدُ فَتَاهَا عَنْ نَفْسِهِ قَدْ شَغَفَهَا حُبًّا إِنَّا لَنَرَاهَا فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ (30)
Cinta jenis ini Adalah Cinta Yang Sangat Mendalam, Alami, Orisinil Dan Memabukkan. Orang Yang Terserang Cinta Jenis Syaghaf (Qad Syaghafaha Hubba) Bisa Seperti Orang Gila, Lupa Diri Dan Hampir-Hampir Tak Menyadari Apa Yang Dilakukan. Al Qur’an Menggunakan Term Syaghaf Ketika Mengkisahkan Bagaimana Cintanya Zulaikha, Istri Pembesar Mesir Kepada Bujangnya, Yusuf.

e. Cinta Ra’fah
Dalam al-Qur’an an-Nur : 2
وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ
Cinta jenis ini Yaitu Rasa Kasih Yang Dalam Hingga Mengalahkan Norma-Norma Kebenaran, Misalnya Kasihan Kepada Anak Sehingga Tidak Tega Membangunkannya Untuk Salat, Membelanya Meskipun Salah. Al Qur’an Menyebut Term Ini Ketika Mengingatkan Agar Janganlah Cinta Ra`Fah Menyebabkan Orang Tidak Menegakkan Hukum Allah, Dalam Hal Ini Kasus Hukuman Bagi Pezina .

f. Cinta Shobwah
Dalam al-Qur’an Yusuf : 33
قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ
Yaitu Cinta Buta, Cinta Yang Mendorong Perilaku Penyimpang Tanpa Sanggup Mengelak. Al Qur’an Menyebut Term Ni Ketika Mengkisahkan Bagaimana Nabi Yusuf Berdoa Agar Dipisahkan Dengan Zulaiha Yang Setiap Hari Menggodanya (Mohon Dimasukkan Penjara Saja), Sebab Jika Tidak, Lama Kelamaan Yusuf Tergelincir Juga Dalam Perbuatan Bodoh, Wa Illa Tashrif `Anni Kaidahunna Ashbu Ilaihinna Wa Akun Min Al Jahilin.

g. Cinta Syauq (Rindu)
Jenis Ini Bukan Dari Al Qur’an Tetapi Dari Hadis Yang Menafsirkan Al Qur’an. Dalam Surat Al `Ankabut Ayat 5 Dikatakan Bahwa Barangsiapa Rindu Berjumpa Allah Pasti Waktunya Akan Tiba. Kalimat Kerinduan Ini Kemudian Diungkapkan Dalam Doa Ma’tsur Dari Hadis Riwayat Ahmad; Wa As’aluka Ladzzata An Nadzori Ila Wajhika Wa As Syauqa Ila Liqa’ika, Aku Mohon Dapat Merasakan Nikmatnya Memandang Wajah Mu Dan Nikmatnya Kerinduan Untuk Berjumpa Dengan Mu. Menurut Ibn Al Qayyim Al Jauzi Dalam Kitab Raudlat Al Muhibbin Wa Nuzhat Al Musytaqin, Syauq (Rindu) Adalah Pengembaraan Hati Kepada Sang Kekasih (Safar Al Qalb Ila Al Mahbub), Dan Kobaran Cinta Yang Apinya Berada Di Dalam Hati Sang Pecinta, Hurqat Al Mahabbah Wa Il.

2) Jenis Cinta Versi Ilmuan
Beberapa ilmuwan yang menyebutkan bahwa ketertarikan pada seseorang bisa terjadi dalam 1 sampai 4 menit sejak kita melihat orang tersebut. Pada 4 menit pertama itu dalam hati kita akan mempertimbangkan apa kita betul-betul tertarik padanya ingin mengenalnya lebih jauh atau cukup sampai disitu saja. Dari itu cinta itu ada tingkatannya.
Diantara jenis cinta menurut sebagian ilmuan antara lain :
a) EROS
passionate love ; cinta membara eros love adalah saling tertarik begitu saling berjumpa, atau kata umum nya cinte pada pangdangan pertama
b) STORGE
companionate love ; cinta karib kalau storge berarti persahabatan yang mendalam, tidak emosional , tidak misterius
c) LUDUS
cinta main-main mempunyai >1 pacar dan mereka tidak boleh sampe berjumfa ( iyalah apalagi kalo ternyata pacar lainnya beda jenis )
d) MANIA
cinta posesif ; menuntut nah ini biasanya cewek gan, mania’ers ( apadeh ) tidak bisa tenang kalo mereka pikir pacar saya dengan orang lain. see what’s wrong ?
e) PRAGMA
cinta logika yep, mereka para pragma berfikir yang terbaik adalah mencintai seseorang yang berlatar belakang sama. hmm logis logis
f) AGAPE
cinta yang tidak mementingkan diri sendiri ini cinta yang paling baik gan, di pikiran orang yang memiliki agape ini, lebih baik saya yang menderita daripada dia. sepertinya para wakil kita harus seperti ini
3) Macam-macam Cinta Secara Umum
Dari factor psikologis, cinta itu dapat berupa dua sesuatu yang hampir sama bahkan nyaris sama yaitu MENYUKAI dan MENCINTAI.
Dua hal ini tuh sering buat kita bingung setengah hidup. Kadang kita nggak tau apa yang kita rasakan, apakah kita menyukai atau mencintai. sebenerya hal ini dapat kita ketahui jawabannya seiring dengan berjalannya waktu dengan cara melihat tanda-tandanya.
Mecintai itu membutuhkan pengorbanan untuk merasakannya. Tidak seperti menyukai, yang hanya membuat gelisah di kehidupan seseorang. Tapi dengan menyukai orang kita punya kesempatan untuk mencintai orang itu. Tentunya dari sesuatu yang kita rasakan, kita pasti bisa membedakan antara menyukai dan mencintai.
Perasaan cinta lebih dalam dari pada perasaan suka, Rasa suka biasanya hanya sebentar, beda banget dengan rasa cinta yang dapat berlangsung lama bahkan selamanya. Rasa suka akan memudar, saat kita tau kekurangan orang yang kita sukai. Namun, bila rasa itu adalah cinta maka tidak akan pernah pudar, meskipun kita mengetahui bahwa dia memiliki kekurangan yang banyak.
Secara Umum cinta dapat dibedakan menjadi beberapa macam :

1. Eros, asal kata ini dari mitologi Yunani, Eros, sang Dewa Cinta. Eros adalah cinta manusia semata yang diinspirasi oleh sesuatu yang menarik dari obyeknya. Eros merupakan cinta yang tumbuh dari manusia kepada yang lain. Namun cinta ini hanya menutut puncak fisik seseorang yang sifatnya hanya sesaat. Misalnya , Si A suka sama si B karena B punya body seksi kayak Aura Kasih atau Syahrini. Jadi intinya Eros itu hanya tertarik denga factor x yang ada hubungannya dengan fisik pasangannya yang akan menimbulkan gairah sex, atau dalam bahasa inggrisnya “ Erotic “.
2. Storge, Storge itu adalah ikatan alami antara ibu, bapak, anak, dan saudara. Jadi meskipun seorang anak dipisahkan dari ibu atau bapaknya ikatan alami ini akan membuat mereka merasa bahwa ini loh bapaknya atau ini ibunya. Hal ini terjadi karena bagaimanapun da seperti apapun saudara atau orang tua kita, kita akan tetap mempunyai ikatan batin dan darah dengan mereka.
3. Philia, Philia setingkat lebih tinggi dari pada Eros, yang berhubungan dengan kejiwaan. Philia adalah cinta antara sahabat. Cinta yag tumbuh dari kebersamaan, namun tetapi ada sedikit Eros pada Philia. Kita memilih tema karena ada kebahagiaan saat kita bersama mereka. Ada dari dri mereka yang kita hargai missal kepintaran, ekspresi diri yang saling memuaskan dsb.
4. Agape, Agape adalah jenis cinta yang mengarah pada mutu cinta yang lebih berkualitas, luhur, membahagiakan (bukan cinta sementara) dan tidak posesif, tapi akan menimbulkan rasa nyaman dan membebaskan, akan tumbuh menjadi cinta ILahi yang tidak mencari kesenangan sendiri, tapi senang member tanpa menuntut balas.
5. Cinta kagum, Cinta jenis ini termasuk cinta yang berbahaya karena hanya didasari rasa kagum saja, dan orang yang mengalami ini akan mudah sekali jatuh cinta.
6. Cinta tertolong, disini cinta akan muncul karena merasa tertolong atau merasa berhutang budi. Misalnya, si A suka ditolong sama si B akhirnya tumbuhkah benih-benih cinta, nah, cinta yang kayak gini juga dikategorikan sebagai cinta “Balas Budi”, dan apabila si cowok atau ceweknya merasa bahwa pasangannya sudah tidak memberikan apa-apa, bukan tidak mungkin cintanya akan hilang.
7. Cinta Butuh, cinta ini agak mirip dengan cinta tertolong, jenis cinta ini tuh maksudnya akan timbul cinta karena merasa membutuhkan atau dibutuhkan, Misal, Si A suka sama Si B yang pintarnya selangit, terus supaya si B mau terus-terusan membantu si A maka si A berusaha menjerat hatinya supaya dapat nilai bagus.
8. Cinta terhibur, artinya cinta yang timbul karena merasa terhibur. Contohnya, banyak Pelawak Indonesia yang berpoligami. Fakta membuktikan, bahwa seorang cewek lebih memilih seorang cowok yang tidak terlalu tampan tapi humoris daripada cowok yang tampan namun pendiam, karena si cewek akan merasa terhibur dan betah dekat dengan cowok yang bisa membuatnya selalu tersenyum.
9. Cinta kasihan, adalah jatuh cinta karena kasihan pada seseorang, misanya ni, seseorang merasa kasihan melihat kelemahan atau kekurangan orang lain. Cinta yang seperti ini akan sangat membahayakan karena akan timbul false love atau cinta palsu. Yang pada akhirnya akan membuat kedua pihak merasakan sakit hati...!!
10. Cinta cocok, cinta ini didasarkan karena banyaknya kecocokan atara kedua belah pihak. Misalkan, sama-sama suka sepak bola atau yang lainnya. Masalah yang akan timbul adalah setelah berhubungan beberapa lama, maka satu demi satu perbedaan akan muncul dan menyebabkan ketidakcocokan.
11. Cinta sejati, Cinta sejati adalah cinta yang sangat tepat. Cinta ini berasal dari Tuhan, sehingga membawa kita pada pikiran yang terbuka. Seperti halnya cinta Agape, cinta jenis ini bersifat murni dan tidak buta karena masih didasari dengan pikiran jernih dan hati yang bersih. Tidak hanya mencintai kelebihan pasangan tapi juga mencintai kekurangannya. Cinta sejati bukan berarti tanpa masalah tapi justru menghadapi masalah serta menyelesaikan masalah dengan tanggung jawab.
CINTA SEJATI
Semua orang membutuhkan kehangatan dan kasih sayang dari orang lain, baik orangtua, saudara, sahabat, pasangan (kecuali anak-anak, belum membutuhkan pasangan), bahkan dari Tuhan (pada orang-orang yang religius, cinta Tuhan merupakan keutamaan tertinggi).
Pada hakekatnya Cinta sejati adalahnya hanya Cinta dari Tuhan pada Hambanya, sedang yang lain masih diragukan, maka dari itu disini akan kami ulas bagaimana cara membedakan antara cinta sejati dengan cinta palsu :
1) Cinta sejati tidak sama dengan nafsu
Cinta dan nafsu sering kali membingungkan kita. Sebenernya, kebanyakan tema film, lagu, novel bukanlah tentang cinta, melainkan nafsu. Bagaimana membedakanya?
cinta tahan uji, … nafsu mudah luntur …
cinta menghargai … nafsu memanfaatkan …
Daya tarik fisik sering kali menjadi satu sinyal awal dari tumbuhnya Cinta sejati, tapi itu belum jadi cinta sejati.
2) Cinta tidak sama dengan keromantisan
Perasaan romantis memang luar biasa dalam hubungan dekat antara pria dan wanita. Tuhan memang merancang agar kita mengalami perasaan seperti ini dalam hubungan istimewa dengan lawan jenis. Namun gairah dan kehangatan romansa tidak dapat disamakan dengan cinta. Keromantisan merupakan suatu perasaan; sedangkan cinta sejati masih memiliki makna yang jauh lebih dalam lagi.
3) Cinta sejati tidak sama dengan tergila-gila
Perasaan tergila-gila adalah daya tarik dan gairah yang kuat dalam diri seseorang terhadap lawan jenisnya. Kamu akan memikirkan dia siang dan malam. Pikiranmu tersita oleh orang itu sehingga kau tidak dapat berkonsentrasi pada hal yang lain. Kata lain dari persaan tergila-gila ialah puppy love atau cinta monyet. Jatuh cinta atau cinta pandangan pertama biasanya mereka berbicara ttg perasaan tergila-gila.
4) Cinta sejati tidak sama dengan seks
Cinta merupakan proses, seks merupakan suatu tindakan. Cinta bisa dipelajari; seks merupakan naluri. Cinta membutuhkan perhatian terus menerus; seks tidak perlu seperti itu. Cinta membutuhkan waktu untuk berkembang dan menjadi dewasa; seks tidak perlu waktu untuk berkembang. Cinta membutuhkan interaksi emosional dan rohani; seks hanya membutuhkan interaksi fisik. Cinta membuat hubungan makin dalam; seks tanpa cinta membuat hubungan jadi renggang.

33 KATA MUTIARA CINTA
1) Cinta adalah perasaan saling mengagumi yang disertai perasaan ingin saling menarik perhatian”
2) “Cinta adalah pengorbanan!”
3) “Cinta adalah egois ! ” karena cinta bisa membuat kita berontak pada lingkungan kita, yang penting kita bahagia.
4) “Cinta adalah suatu perjuangan dan tidak mengenal ras maupun religi !”
5) “Cinta harus dapat menerima keberadaan pasangan kita!”
6) “Cinta dimana bersatunya perasaan dari dua individu yang berbeda dalam mencapai kebahagiaan. Karena cinta membuat seseorang mau berkorban….cinta membuat seseorang mau saling menerima pasangan kita apa adanya !
7) Cinta tak selamanya menuntut Qta untuk memililkinya
8) Jangan mencintai seseorang seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, kerana sungai mengalir selamanya.
9) Cinta itu seperti Biologi n’Fisika penuh teori n’logika.
10) Yang paling besar di bumi ini bukan gunung n’ lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal di kendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka. (Imam Al Ghazali)
11) Kebahagiaan dan tidak kebahagiaan manusia t’gantung pada diri sendiri. ( Abraham lincoln)
12) Tidak ada yg bisa membantu ketenangan jiwa selain dari diri sendiri. (G.Chr.Lich-tenberg)
13) Sayang engkau bukanlah yang terbaik untuku, begitu pula denganku aku bukan yang terbaik untukmu tapi Engkau adalah wanita yang paling tepat untuk mendampingiku menjadi yang terbaik.
14) Engkau tidak seperti bulan karena kau lebih indah darinya Matamu juga tak sebening embun karena tidak ada satupun kilau air yang sanggup menandingi indah matamu, Aku tidak akan pernah menyebrangi lautan api untukmu karena akan ku arungi jagad raya bersamamu.
15) Duduklah maka engkau akan tahu apa yang ada di lututmu, jokoklah maka engkau akan tahu apa yang ada di kakimu, sujutlah maka engkau akan tahu bahwa ada yang jauh lebih layak engkau hargai daripada sekedar egomu.
16) Dale Carnagie. Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan.
17) Edward Mersey Ricards. Seekor burung hantu yang bijaksana duduk di sebatang dahan. Semakin banyak ia melihat, semakin sedikit ia berbicara. Semakin sedikit ia bicara, semakin banyak ia mendengar. Mengapa kita tidak seperti burung hantu yg bijaksana itu?
18) Temukan cinta dengan cara yang berbeda dengan kebanyakan orang, karena hanya kita yang tahu bagaimana cinta itu bersemayam dalam hati kita
19) Cinta tidaklah selalu sama dengan memiliki. Adalah biasa jika setiap orang yang merasa mencintai ingin memiliki akan menjadi luar biasa jika setiap orang yang merasa mencintai memberikan kebebasan kepada apa-apa yang dia sukai untuk menentukan bagaimana ia meraih kebahagiaan.
20) Binta adalah emosi yang berakar dari opini seseorang yang tak mungkin didapatkan dari pengalaman sebelumnya.
21) Kahlil Gibran. Hidup tanpa cinta seperti tumbuhan yang tak berbunga dan tak berbuah.
22) Leo Buscaglia. Cinta adalah hidup. jika kamu merindukan cinta, artinya kamu juga merindukan kehidupan.
23) Mencintai adalah menerima bagian kebahagiaan dari surga ” ( Karen Sunde ).
24) Agnes Repplier. Kita tak mungkin benar - benar mencintai seseorang yang tak pernah tertawa dengan kita.
25) Mary Robert Rhineheart. Semakin lama cintamu berkembang, semakin banyak aral yang melintang.
26) Pascal berpendapat tentang hati dia mengatakan bahwa hati mempunyai alasan yg ga’bisa dimengerti oleh akal.
27) Mauris. Dikampus cinta, kita adalah keberuntungan yang dipilih seseorang.
28) Mahatma Ghandi. Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.
29) Jangan t’lalu mencemaskan kepercayaan diri kmu sendiri. Cemaskanlah karakter kmu sendiri. ( Dr. Laura Schlessinnger)
30) Bila kmu melrlukan kata2 ‘ntuk menggambarkan pengetahuan n’pemahaman, itu sprti burung di sangkar. Memiliki sayap tapi ga’ bisa terbang. (Kahlil Gibran)
31) Seekor burung hantu yang bijaksana duduk di sebatang dahan. Semakin banyak ia melihat, semakin sedikit ia b’bicara.Semakin sedikit ia bicara, semakin banyak ia mendengar. Mengapa qta ga’ seperti burung hantu yg bijaksana itu? (Edward Mersey Ricards)
32) Kesetiaan merupakan sifat yg paling suci dari hati manusia. (Seneca) Nikmatilah hidup kmu dengan melakukan hal – hal kecil, karena suatu saat nanti jika menoleh ke belakang, t’nyata hal – hal kecil itu tidak kecil. ( Robert Brault)
33) Bila ada cahaya dalam jiwa.maka akan hadir kecantikan dalam diri seseorang. Bila ada kecantikan dalam diri seseorang.akan hadir keharmonisan dalam rumah tangga.Bila ada keharmonisan dalam rumah tangga,akan hadir ketertiban dalam negara.Dan bila ada ketertiban di dalam negara,akn hadir kedamaian dunia. (Pepatah Cina)

SUMBER PUSTAKA

Al-Qur’an al-karim
Al-Qur’an dan terjemahanya
Qowa’idu al-Fiqh
Al-Hadits Kutubu as-Sittah
Prof.DR H.Ramayulis “Ilmu Pendidikan Islam” . kalam Mulia.Jakarta.2002
Moh Isom Ahamadi. Kaifa Nurobbi Abna-ana.Samsara pres.Jombang.2007
Abu Ahmadi “ Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan .Yogyakarta : Aditya Media . 1992.
Nawawi Muhammad. 1996. Nasehat Bagi Hamba Allah. Surabaya : Al-Hidayah
Khudlori, Muhammad. Tarikh at-Tasyri’ al-Islami.
Majalah GFresh! Edisi #100
Hakikat Cinta. oleh : KH. Abdullah Gymnastiar
Hasil kerjasama detikcom dengan Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI). Acara "Telaga Rasul"
www.gusbud.web.id:
Sumber : Siti Nurfaeezah
http://bolehjadi2.wordpress.com/uniq-n-asyiq/bagaimana-kita-tahu-mana-cinta-sejati-mana-yang-bukan/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3752622
nurul muawanah No comments
Margaretha dalam buku “Keajaiban Cinta”.
(Oleh: Zain Rahman El-Palembangi)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar