RSS

MAKALAH TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG MASALAH

Islam sangat mementingkan pendidikan. Dengan pendidikan yang benar dan berkualitas, Individu – individu yang beradab akan terbentuk yang akhirnya memunculkan kehidupan sosial yang bermoral. Sayangnya , sekalipun institusi-institusi pendidikan saat ini memiliki kualitas dan fasilitas, namun institusi-institusi tersebut masih belum memproduksi individu-individu yang beradap. Sebabnya, visi dan misi pendidikan yang mengarah pada terhadap terbentuknya manusia beradab, terbaikan dalam tujuan konstitusi pendidikan. Penekanan kepada pentingnya anak anak didik supaya hidup dalam nilai – nilai kebaikan, spiritual dan moralitas seperti terabaikan, bahkan kondisi sebaliknya yang terjadi.
Sebenarnya, agama Islam memiliki tujuan yang lebih komverhensif dan Integratif dibanding dengan sistem pendidikan sekuler yang semata- mata mengsilkan anak didik yang memiliki paradigma yang prakmatis.
Sehubungan dengan hal tersebut pendidikan Islam harus memahami dan menyadari betul apa yang sebenarnya ingin dicapai dalam proses pendidikan. Sesuatu yang akan dicapai tersebut dalam istilah pendidikan disebut dengan “ tujuan pendidikan”
Tujuan pendidikan merupakan masalah sentral dalam pendidikan. Sebab, tanpa perumusan yang jelas tentang tujuan pendidikan, perbuatan menjadi acak-acakan, tanpa arah, bahkan biasa sesat atau salah langkah, oleh karena itu perumusan tujuan dengan jelas, menjadi inti dari seluruh pemikiran pedagogis dan perenungan filosofis
Dikatakan lebih lanjut bahwa tujuan pendidikan itu penting, disebabkan karena secara implisit dan eksplisit didalamnya terkandung hal-hal yang sangat asasi, Yaitu pandangan hidup dan filsafat hidup pendidikan, Lembaga penyelenggaraan pendidikan, dan Negara, dimana pendidikan itu dilaksanakan.

2. RUMUSAN MASALAH
Dari judul diatas penulis merumuskan berupa rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apa tujuan dari pendidikan Islam?
2. @pa saja ciri-ciri tujuan pendidikan Islam?

3. TUJUAN PEMBAHASAN
Berdasarkan latar belakang belakang diatas penulis mempunyai tujuan yaitu:
1. Ingin mengetahui apa tujuan dari pendidikan islam itu.
2. Ingin mengetahui apa saja ciri-ciri dari tujuan pendidikan Islam.
3. Untuk tugas mata kuliah pendidikan Islam.




























BAB II
PEMBAHASAN


1. TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
Tujuan utama pendidikan Islam adalah mencapai Ridho Allah SWT. Dengan pendidikan diharapkan akan lahir invidu – individu yang baik, bermoral, berkualitas, sehingga bermanfaat kepada dirinya dan keluarga, masyarakat, negaranya dan umat manusia secara keseluruhan.Namun juga untuk menumbuhkan pola kepribadian manusia yang kaffa(Bulat) melalui latihan kejiwaan, kecerdasan otak penalaran, perasaan dan indra. Pendidikan Islam harus melayani pertumbuhan manusia dalam aspek spiritual, intelektual , imajinasi, ilmiah maupun bahasanya. Dan pendidikan Islam ini mendorong semua aspek tersebut kearah keutamaan serta pencapaian kesempurnaan hidup.
Sementara itu para ahli pendidikan islam merumuskan pula tujuan umum pendidikan islam diantaranya:
# Al- abrasyi misalnya
1) Untuk mengadakan pembentukan Ahlak yang mulia.
2) Persiapan untuk kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.
3) Persiapan untuk mencari rizki dan pemeliharaan segi manfaat.
4) Menumbuhkan semangat ilmiah pada pelajar dan memungkinkan ia mengkaji ilmu demi ilmu itu sendidri.
5) Menyiapkan pelajar dari segi profesional, teknikal dan pertukangan, supaya dapat menguasai profesi tertentu.
Dan masih banyak lagi ahli pendidikan Islam merumuskan tentang tujuan pendidikan Islam.

Tujuan Pendidikan Islam adalah:
a. Tujuan Umum
Tujuan yang akan dicapai dengan semua kegiatan pendidikan, baik dengan pengajaran atau dengan cara lain.
b. Tujuan Akhir
Pendidikan Islam itu dapat dipahami dalam Firman Allah:

ﯦﺂﺁﯦﮭﺎﺁﻟﻨ ٻن١ﻤﻨﻭﺗﻘﻭﺍﺍﻠﻠﮫ ﺤﻖ ﺗﻗﺗﻪ ﻭﻵﺗﻤﻭﺗﻦﺍﻵﻭﺍﻨﺘﻡ ﻤﺴﻠﻤﻭﻥ

Artinya:
“ wahai orang- orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dengan sebenar – benarnya taqwa dan jangan kamu mati kecuali dengan keadaan muslim(menurut ajaran Islam) (Ali Imron 102)
c. Tujuan Sementara
Tujuan yang akan diperoleh / dicapai setelah anak didik diberi sejumlah pengalaman tertentu yang telah direncanakan dalam suatu kurikulum pendidikan formal
d. Tujuan Operasional
Tujuan praktis yang akan dicapai dengan sejumlah kegiatan pendidikan tertentu, atau anak didik dituntut untuk suatu kemampuan dan ketrampilan tertentu.

Sedangkan tujuan akhir dari pendidikan Islam itu terletak dalam imajinasi sikap penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT baik secara perorangan ,masyarakat maupun sebagai umat manusia dalam keseluruhannya. Dengan kata lain bahwa tujuan akhir dari pendidikan Islam adalah terbentuknya kepribadian muslim paripurna.


2. CIRI- CIRI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM ADALAH:
- Mengarahkan manusia agar menjadi khalifah Tuhan dimuka bumi dengan sebaik-baiknya.
- Mengarahkan manusia agar berakhlak mulia, Sehingga tidak menyalahgunakan fungsi kekhalifahan.
- Membina dan mengarahkan potensi jiwa akal dan jasmaninya, sehingga memiliki ilmu, akhlak, dan ketrampilan yang kesemuanya itu digunakan untuk mendukung tugas pengabdian dan kekhalifahan.
- Mengarahkan manusia agar dapat mencapai kebahagiaan didunia dan akhirat.


BAB III
PENUTUPAN


1. KESIMPULAN
Bahwa pendidikan itu harus mempunyai tujuan yang jelas. Maka suatu pekerjaan akan jelas pula arahnya. Lebih – lebih pekerjaan mendidik yang bersasaran pada kehidupan yang pada tahap perkembangan. Jadi tujuannya adalah faktor yang paling penting dalam proses pendidikan khususnya pendidikan Islam, yang lebih condong pada mencari Ridho Allah.
Oleh karena itu untuk memenuhi tujuan pendidikan Islam harus didasarkan pada nilai-nilai ideal yang diyakini. Yang kelak akan dapat mengangkat harkat dan martabat manusia. Yaitu nilai yang menjadi kerangka pikir dan bertindak bagi seseorang.

2. SARAN – SARAN
1. Hendaknya kita harus mempunyai tujuan yang jelas untuk melakukan sesuatu.
2. Hendaknya kita harus paham apa tujuan dari pendidikan Islam.
3. Hendaknya kita harus tau apa yang kita dapat dari pembahasan masalah ini.


DAFTAR PUSTAKA


Ramayulis.2008.ILMU PENDIDIKAN ISLAM.Jakarta:Kalam Mulia

Achmadi Ishom.2007.KHAIFAH NUROBBI ABNA ANNA.Jombang:Samsara Press

Nata Abudin.1997.FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM 1.Jakarta:Logos Wacana Ilmu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar